NU Dukung Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

NU Dukung Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Jakarta – Nahdlatul Ulama (NU) mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Makky Zamzami mengungkapkan, percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia akan sangat membantu. Menurutnya, saat ini terdapat 90 juta jiwa anggota NU yang 11% atau 9 jutanya adalah lansia.

“Kiyai dengan usia di atas 60 tahun juga jumlahnya banyak sekali. Dan sampai saat ini sudah terdata lebih dari 320 Kiyai dan Ibu Nyai yang meninggal karena COVID-19. Dengan adanya vaksinasi lansia ini, maka strategi ini harus segera dilaksanakan, karena ini akan sangat membantu,” jelas Makky dalam diskusi virtual yang dikutip melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID.

Kemudian, NU juga mengusulkan agar pemerintah menyediakan fasilitas kesehatan dengan layanan vaksinasi one day care services. Dengan layanan ini, lansia yang memiliki tensi atau gula darah tinggi bisa dipantau dan diobservasi sehingga bisa mendapatkan vaksinasi pada hari yang sama.

Pada kesempatan yang sama, kemenkes menanggapi baik dukungan dan tawaran kerja sama dengan NU. dr. Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan menyebut kader-kader NU akan dapat mendampingi para lansia dalam proses pendaftaran, sehingga program vaksinasi dapat dipercepat.

“Kita tentunya sama-sama menyukseskan program vaksinasi ini dan berharap masyarakat aktif mengikuti program vaksinasi ini. Prosesnya akan dilakukan secara bertahap, sehingga masyarakat perlu mengetahui tahapan-tahapan vaksinasi khususnya bagi kelompok lansia ini,” ujar Nadia. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.