Menkes Imbau RS Alihkan Tempat Tidur Non-Covid Untuk Pasien Covid-19

Menkes Imbau RS Alihkan Tempat Tidur Non-Covid Untuk Pasien Covid-19

Jakarta – Peningkatan kasus aktif dikhawatirkan melonjak pasca libur Natal dan tahun baru. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin meminta seluruh direktur rumah sakit untuk menambah kapasitas tempat tidur. Caranya adalah dengan mengkonversi kamar non-covid-19 menjadi kamar khusus bagi pasien Covid-19.

“Saya minta untuk menambah jumlah kamar untuk mengantisipasi pasien baru yang akan masuk. Saya minta tolong, konversikan bed yang tadinya bukan untuk Covid, menjadi untuk Covid, yang tadinya hanya 10% tambah menjadi 30%. Secara temporer saja untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19,” jelas Budi dalam diskusi virtualnya yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Selasa, 12 Januari 2021.

Kemudian, Budi juga mengungkapkan, pihaknya juga sudah merelaksasi beberapa peraturan bagi tenaga kesehatan seperti perawat. Relaksasi regulasi ini dimaksudkan agar para perawat dan dokter dapat segera bertugas, tanpa terhalang oleh regulasi. Relaksasi regulasi akan mencegah kurangnya jumlah tenaga kesehatan yang mampu bertugas selama pandemi.

Lebih jauh, Menkes juga meminta masyarakat untuk terus mematuhi protokol (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak). Penerapan protokol kesehatan akan sangat membantu tenaga kesehatan dalam menangani pandemi Covid-19.

“Agar tidak banyak nakes yang meninggal dan terpapar, kita harus, saya ulangi, kita harus membantu mereka dengan mentaati protokol kesehatan,” tegas Budi (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.