Berikut Sasaran Vaksinasi Tahap Kedua Dari Kemenkes

Berikut Sasaran Vaksinasi Tahap Kedua Dari Kemenkes

Jakarta – Pemerintah bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memulai program vaksinasi Covid-19 tahap kedua dalam waktu dekat. Kali ini, vaksinasi akan menyasar para petugas pelayanan publik dan pekerja yang melakukan kontak erat dengan publik.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan ada beberapa kelompok masyarakat yang jadi sasaran vaksinasi tahap dua. Selain petugas pelayanan publik, para pekerja yang kontak erat dengan publik, seperti pendidik, pedagang, dan jurnalis ikut masuk dalam peserta vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

“Penerima vaksin Covid-19 tahap kedua yakni petugas pelayanan publik. Terdiri dari pendidik, pedagang pasar, tokoh agama, penyuluh agama, wakil rakyat, pedagang pasar, pejabat negara, pegawai pemerintah pusat maupun daerah, petugas keamanan, petugas pelayanan publik di sarana transportasi dan atlet,” ujar Siti Nadia dalam keterangannya, 15 Februari 2021.

Saat ini, Kemenkes terus melakukan koreksi dan finalisasi data calon peserta vaksinasi tahap 2. Merujuk data sementara Kemenkes, target sasaran vaksinasi tahap kedua untuk petugas pelayanan publik adalah sebanyak 17.857.157 orang. Data tersebut masih belum final dan akan terus diperbaharui.

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 mencatat hingga 14 Februari 2021 sudah ada 1,07 juta tenaga kesehatan yang divaksinasi pada tahap pertama. Secara keseluruhan, total seluruh sasaran vaksinasi mencapai 181 juta penduduk untuk memcapai kekebalan kelompok atau herd immunity. (*) Evan Yulain Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.