Belum Ada KIPI Berat Pasca Vaksinasi Lansia

Belum Ada KIPI Berat Pasca Vaksinasi Lansia

Jakarta – Kementerian Kesehatan hingga saat ini belum menemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berat pasca vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan belum ada laporan untuk KIPI berat, sebagian besar hanya gejala ringan pasca vaksinasi COVID-19.

“Mengenai KIPI, sejauh ini belum ada kejadian KIPI yang berat namun kejadian KIPI memang ada itu angkanya 4,2 per 1 juta vaksinasi. Jadi sangat rendah sekali kejadian KIPI nya biasanya berupa gatal-gatal ringan tapi tidak ada KIPI yang berat di keseluruhan vaksinasi,” kata Dante seperti dikutip Minggu, 7 Maret 2021.

Meskipun demikian, Dante tidak memungkiri apabila terdapat lansia yang tertunda vaksinasinya karena beberapa sebab. Alasan seperti beberapa komorbid atau penyakit penyerta terutama hipertensi dan tekanan darah tinggi sering kali menjadi penyebab tertundanya vaksinasi. Terkait hal itu, ia sudah dilakukan relaksasi batas tekanan darah yang sebelumnya di bawah 140 menjadi 180 boleh divaksinasi.

Terkait dengan jenis vaksin, Dante menyebut pemerintah terus mengupayakan untuk mendatangkan vaksin dari berbagai produsen, seperti Pfizer, Novavax, dan Astrazeneca. Hingga saat ini, Indonesia sudah menerima 38 juta dosis vaksin, terdiri dari 35 juta dosis berbentuk bulk (bahan baku) dan 3 juta dosis vaksin jadi. Selanjutnya, pemerintah masih akan menerima kiriman vaksin Sinovac hingga jumlahnya mencapai 185 juta dosis. (*) Evan Yulian Philaret

Leave a Reply

Your email address will not be published.