Internasional

Covid-19 Kembali Hantam China, Ada 11 Juta Kasus Baru per Minggu

Jakarta – Gelombang Covid-19 terbaru yang dipicu subvarian Omicron XBB di China diprediksi akan memasuki masa puncaknya pada bulan Juni 2023 dengan 11 juta kasus per minggu.

“Pemodelan kami memperkirakan gelombang akan memuncak pada awal Juni 2023 sekitar 11 juta per minggu, dengan 112 juta orang terinfeksi selama kebangkitan ini,” tulis sebuah perusahaan kesehatan Airfinity, dikutip dari South China Morning Post, Jumat, 9 Juni 2023.

Sebelumnya, ahli pernapasan asal China Zhong Nanshan mengatakan prediksi kasus Covid-19 gelombang baru akan lebih tinggi di China. Di mana, prediksinya menyebut mencapai 65 juta per minggu pada akhir Juni. Artinya, jumlah ini enam kali lebih tinggi dari perkiraan Airfinity.

Meski dirinya tidak menjelaskan apakah perkiraannya termasuk kasus tanpa gejala, namun Airfinity mengatakan bahwa pemodelannya hanya perkiraan kasus dengan gejala.

Meski saat ini belum ada data resmi Covid-19 di China. Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC China) berhenti merilis data mingguan pada awal Mei ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa Covid-19 tidak lagi menjadi darurat kesehatan global.

Dalam sebuah laporan CDC Weekly pada April, sekitar 80 persen dari 1,4 miliar penduduk China terinfeksi Covid-19 selama musim dingin.

Selepas pemerintah China melonggarkan lockdown yang diterapkan berdasar kebijakan “nol-COVID”, Negeri Tirai Bambu itu kembali dilanda varian omicron yang berbeda pada Desember 2022 dan Januari 2023.

Media CNN melaporkan sekitar 80% dari 1,4 miliar warga China tertular selama periode tersebut.(*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago