News Update

CORE: Ekonomi RI -0,74% Konsisten Alami Perbaikan

Jakarta – Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah memandang pertumbuhan ekonomi Indonesia di -0,74% pada Kuartal-I 2021 merupakan perbaikan yang konsisten.

Menurutnya, meski masih mengalami kontraksi, namun ekonomi domestik masih bisa tumbuh lebih baik jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang sempat jatuh mencapai -2,97%.

“Tadinya saya perkirakan -1% ternyata justru lebih baik di kisaran -0,74% dan ini kita yakini output yang ke depan akan terus membaik ada percepatan,” kata Piter melalui video conference Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Kamis 6 Mei 2021.

Piter juga meyakini pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II-2021 akan mulai membaik dan kembali pada zona positif dan berada pada kisaran yang cukup tinggi. Hal ini, kata dia, bisa terjadi lantaran didorong oleh beberapa indikator ekonomi yang menunjukan perbaikan.

Tak hanya itu, Piter menilai, peran pemerintah dalam memberikan stimulus guna menggerakan roda ekonomi sudah tepat sasaran dan berhasil memulihkan ekonomi nasional.

“Misal untuk PPnBM kendaraan bermotor, PPN properti dan ini disupport sekali oleh otoritas Bank Indonesia dan OJK. Di mana Bank Indonesia melonggarkan memberikan DP sampai 0 persen. Demikian juga OJK yang support dengan kebijakan pelonggaran. Sehingga apa yang terjadi adalah sudah mulai muncul daerah masyarakat untuk belanja,” pungkas Piter. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Jakarta - Pada satu pekan terakhir, yakni periode 30 September - 4 Oktober 2024, Indeks… Read More

30 mins ago

Hijra Bank-Kemenparekraf Sepakat Salurkan Pembiayaan Syariah Berbasis HAKI Pertama di Indonesia

Jakarta - Hijra Bank bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk menyalurkan skema pembiayaan syariah… Read More

1 hour ago

Cadangan Devisa RI Turun Tipis jadi USD149,9 Miliar di September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia menurun tipis. Pada akhir September 2024 cadangan… Read More

2 hours ago

Tanggapi Deflasi 5 Bulan Beruntun, Jokowi Bilang Begini

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait penurunan deflasi lima bulan beruntun… Read More

3 hours ago

Akun Nasabah Bank of America Sempat Tak Bisa Diakses, Ditemukan 20.266 Layanan Akun Terhenti

Jakarta - Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses… Read More

3 hours ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM DI ZAMAN sekarang ini, banyak… Read More

4 hours ago