Ekonomi dan Bisnis

CMNP Incar Pendapatan Meningkat 17,22% di 2023

Jakarta – PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) menargetkan akan adanya kenaikan pendapatan di tahun 2023 menjadi sebesar Rp3,66 triliun dari tahun ini Rp3,12 triliun atau meningkat sebesar 17,22%.

Direktur Independen, Hasyim, mengatakan bahwa, nantinya peningkatan pendapatan di 2023 tersebut akan didukung oleh kenaikan tarif di dua ruas jalan tol Depok-Antasari dan tol Waru-Juanda di Surabaya.

“Di 2023 akan ada tambahan pendapatan melalui kenaikan tarif di tol depok dan surabaya,” ucap Hasyim dalam paparan publik di Jakarta, 15 Desember 2022.

Di samping itu, pada tahun ini perusahaan mendapatkan peningkatan pendapatan sebesar 41,92% atau menjadi Rp3,12 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp2,02 miliar.

Peningkatan tersebut karena didukung oleh dua ruas jalan tol yang mendapatkan penyesuaian tarif, yaitu tol Jakarta Inner Urban (JIUT Toll) dan tol Soreang-Pasir Koja (Soroja Toll).

Oleh karena itu, perusahaan berhasil mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar Rp1,1 triliun di 2022 dari Rp709 miliar di tahun lalu atau meningkat sebanyak 55,85%.

Meski begitu, untuk proyeksi profitabilitas di tahun 2023 akan terjadi sedikit penurunan menjadi sebesar Rp1,06 triliun, akibat masih adanya beban pembayaran kepasa kontraktor untuk tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu Toll) sebesar Rp5,5 triliun.

“Sedangkan di 2023 diproyeksikan terjadi penurunan disebabkan tol Cisumdawu sudah mulai beroperasi dan ada kelebihan untuk pembayaran kontraktor itu dari perbankan nilainya sebesar Rp5,5 triliun jadi akan ada peningkatan yang cukup signifikan, nah itu nanti kenaikan dari faktor bunga,” imbuhnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Kemendag: Efisiensi Tol Laut Dorong Pemerataan Ekonomi di Wilayah Terpencil

Jakarta - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Moga Simatupang menyatakan bahwa program… Read More

20 mins ago

Ribuan Peserta Ramaikan Lomba Nusantara TNI Fun Run yang Didukung Bank Mandiri

NUSANTARA - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyelenggarakan acara Nusantara TNI Fun Run pada Minggu,… Read More

1 hour ago

IHSG Sesi I Parkir di Zona Hijau ke Level 7.500

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (7/10) bertahan… Read More

2 hours ago

Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Jakarta - Pada satu pekan terakhir, yakni periode 30 September - 4 Oktober 2024, Indeks… Read More

3 hours ago

Hijra Bank-Kemenparekraf Sepakat Salurkan Pembiayaan Syariah Berbasis HAKI Pertama di Indonesia

Jakarta - Hijra Bank bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk menyalurkan skema pembiayaan syariah… Read More

3 hours ago

Cadangan Devisa RI Turun Tipis jadi USD149,9 Miliar di September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia menurun tipis. Pada akhir September 2024 cadangan… Read More

4 hours ago