Keuangan

Ini Visi Achmad K. Permana Bersama Allianz Syariah

Jakarta – Managing Director Sharia PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia), Achmad Kusna Permana punya visi untuk membesarkan industri asuransi syariah di Indonesia. Berlabuh di Allianz Life Indonesia pada pertengahan Februari lalu, mantan Dirut Bank Muamalat periode 2017-2022 ini akan mengoptimalkan infrastruktur Allianz Global untuk mendongkrak penetrasi bisnis Allianz Syariah.

“Visi saya masuk Allianz itu, saya ingin menggandeng satu korporasi global yang punya kekuatan modal, infrastruktur, teknologi, untuk membesarkan industri asuransi syariah Indonesia,” ungkap Permana kepada Infobanknews, dikutip Rabu, 1 Maret 2023.

Sejalan dengan visinya tersebut, menurut Permana, Allianz Life Indonesia punya komitmen yang kuat untuk mengembangkan bisnis syariahnya. Terbukti dengan pemisahan (spin off) unit usaha syariah Allianz Life Indonesia (Allianz Syariah) menjadi entitas mandiri yang ditargetkan rampung pada kuartal III 2023.

Untuk menggenjot kinerja pasca spin off, Allianz Syariah akan lebih fokus menggarap segmen menengah. Saat ini Allianz Syariah tengah menyiapkan produk baru yang akan menjadi andalan di segmen tersebut. Tidak hanya itu, Allianz Syariah juga akan didukung oleh infrastruktur digital serta tenaga penjualan dari induknya.

“Dengan spin off kita akan fokus on sharia product nanti akan diperkenalkan produk baru di segmen menengah, nanti akan lebih banyak lagi nasabah di segmen menengah, kita akan introduce satu model penjualan baru dan branding nya juga akan naik,” beber Permana.

Berdasarkan publikasi laporan keuangan di laman resminya, hingga Desember 2022, Allianz Syariah mencatatkan laba setelah pajak dana perusahaan tumbuh 19,44% menjadi Rp303,51 miliar. Dalam hal dana tabarru’, rugi perusahaan menyusut 51,32% dari Rp271,44 miliar menjadi Rp132,13 miliar.

Sementara itu, aset dana tabarru’ dan tanahud Allianz Syariah turun 7,48% menjadi Rp514,40 miliar. Namun demikian, aset dana perusahaan tercatat naik 13,34% menjadi Rp1,71 triliun.

Industri asuransi jiwa syariah di Indonesia punya potensi besar untuk tumbuh. Saat ini, pangsa pasar industri asuransi syariah masih kecil jika dibandingkan dengan industri asuransi nasional.

Berdasarkan data Biro Riset Infobank (birI), total aset asuransi jiwa syariah mencapai Rp34,89 triliun atau berkontribusi 77,49% dari total aset asuransi syariah yang mencapai Rp45,02 triliun per Desember 2022. Jika dibandingkan dengan aset industri asuransi jiwa secara nasional, aset asuransi jiwa syariah baru menggenggam pangsa 5,95%.

Permana menilai di tahun 2023 kinerja industri asuransi syariah akan tetap tumbuh seiring dengan meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap pentingnya asuransi Kesehatan pasca pandemi. Dirinya bahkan optimistis, Allianz Syariah akan mampu mencatatkan kinerja hingga dua digit di akhir tahun.

“Menurut saya di 2023 itu pasca covid orang akan makin aware sehingga ini akan mendorong industri asuransi (syariah) akan tumbuh 2023. Allianz (syariah) akan tumbuh double digit,” imbuhnya. (*) Dicky F.

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

8 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

47 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago