Categories: News UpdatePerbankan

Cimb Niaga Syariah Incar Pembiayaan Tumbuh Double Digit di 2022

Jakarta – Unit usaha syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk, menargetkan pertumbuhan pembiayaan sedikitnya 10 persen di tahun 2022. Segmen consumer banking masih menjadi fokus utama perseroan ke depan.

Hingga kuartal III 2021, pembiayaan CIMB Niaga Syariah sudah mencapai Rp35,4 triliun atau tumbuh 8,5 persen secara tahunan. Sementara dari sisi dana pihak ketiga (DPK), CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun dana sebesar Rp36,7 triliun atau tumbuh 4,4 persen (yoy) dengan rasio CASA mencapai 45,4 persen.

Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, untuk menjaga performa tersebut, CIMB Niaga Syariah akan melanjutkan fokus pembiayaan di segmen konsumer dan SME yang prospektif.

“Ini saat yang tepat bagi kita untuk cari alternatif inovasi dan diverisifikasi produk. Karena ke depannya, perbankan syariah tidak lagi bisa mengandalkan produk dengan padanan yang sama dengan bank konvensional. Supaya kita bisa memberikan added value kepada nasabah,” ujar Pandji secara virtual, Kamis 17 November 2021.

Lebih jauh, Pandji mengatakan pembiayaan di segmen konsumer masih ditopang produk morgate, selain itu, personal financing dan kartu pembiayaan syariah (syariah card) juga berkontribusi cukup baik.

“Di tahun 2021 ini, dari 100 persen pembiayaan yang kita (CIMB Niaga) bukukan tiap bulan dari KPR, 55 persen sudah dalam bentuk syariah, konvensional 55 persen. Target kita di tahun depan 60 persen sudah dalam bentuk syariah,” ucap pandji.

Dengan kinerja yang positif itu, dalam sembilan bulan pertama 2021, UUS ini meraup laba bersih Rp1,4 triliun pada sembilan bulan pertama atau naik 32,1 persen secara year on year (yoy). Sementara itu perseroan berhasil membukukan aset menjadi Rp50,8 triliun, atau naik 13 persen.

“Strategi yang kami terapkan dalam merespons situasi terkini berjalan dengan baik, sehingga semua indikator bisnis kami telah positif,” pungkasnya. (*) Dicky F.

Evan Yulian

Recent Posts

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

38 mins ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

7 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

8 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

21 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

22 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

22 hours ago