Categories: Perbankan

CIMB Niaga-MasterCard Perkenalkan Virtual Credit Card

Dengan Virtual Credit Card yang memberikan akses belanja online, CIMB Niaga siap merebut pangsa pasar potensial. Rezkiana Nisaputra

Jakarta–PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menggandeng Mastercard Indonesia meluncurkan OctoPay atau layanan transaksi perbankan melalui Facebook, untuk melirik perkembangan transaksi atau belanja online yang sangat pesat.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan mengatakan, dengan OctoPay, Facebookers dapat mengakses berbagai fitur transaksi seperti transfer, pembayaran tagihan, dan isi ulang pulsa tanpa meninggalkan laman Facebook mereka. Lebih dari itu, siapapun kini bisa belanja online dengan mudah dan aman menggunakan Virtual Credit Card di semua situs yang menerima pembayaran kartu kredit berlogo MasterCard.

Dia menjelaskan, pengguna OctoPay harus terlebih dulu memiliki rekening tabungan di CIMB Niaga. Apabila belum memiliki rekening tabungan, maka para nasabah dapat langsung membuka rekening di OctoPay, kemudian melakukan aktivasi di salah satu dari 22 Digital Lounge CIMB Niaga yang tersebar di mall strategis di Tanah Air. Inovasi ini sekaligus memberikan kemudahan bagi pengguna OctoPay yang belum memiliki kartu kredit dan banyak melakukan belanja secara online.

“Kami berterima kasih kepada nasabah dan mitra strategis kami, Mastercard Indonesia, yang telah mendukung CIMB Niaga untuk terus berinovasi di perbankan digital. Peluncuran OctoPay dan Virtual Credit Card ini semakin menguatkan posisi CIMB Niaga sebagai fasilitator transaksi e-commerce di Indonesia,” ujar Tigor di Jakarta, Senin, 21 September 2015.

Dengan pertumbuhan transaksi online yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya optimis kehadiran OctoPay akan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat luas, terutama generasi muda yang aktif di media sosial dan gemar berbelanja melalui e-commerce. “Ini adalah komitmen kami untuk menjadi bank terdepan yang berinteraksi dengan generasi ini sekaligus mengoptimalkan pangsa pasar yang potensial melalui rangkaian inovasi produk Digital Banking,” tukasnya.

Selain untuk belanja online, OctoPay juga memiliki fitur lain yakni informasi rekening, transfer uang, pembelian dan isi utang prabayar serta bayar tagihan. Dengan Virtual Credit Card, nasabah dapat berbelanja online di situs yang menerima pembayaran kartu kredit MasterCard dengan limit sampai Rp10juta. Sedangkan mengenai informasi rekening, fitur yang tersedia berupa ringkasan atas rekening tabungan, deposito, maupun kartu kredit.

Tigor menambahkan, untuk transfer uang, fitur OctoPay mempunyai pilihan lengkap, mulai dari transfer langsung tiba (real time), transfer kliring (SKN), transfer RTGS hingga transfer ke luar negeri (remittance). Facebookers juga dapat melakukan isi ulang nomor ponsel dan PLN prabayar. Dengan OctoPay, nasabah dapat membayar kartu kredit, PLN, dan beragam tagihan lainnya sembari browsing di Facebook.

Sementara itu, di tempat yang sama Country Manager MasterCard Indonesia, Irni Palar menambahkan, Kerja sama dengan CIMB Niaga dalam penerbitan Virtual Credit Card ini merupakan upaya berkelanjutan untuk memfasilitasi transaksi e-commerce yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Virtual Credit Card dari OctoPay merupakan solusi yang tepat sebagai alternatif pembayaran e-commerce.

Virtual Credit Card merupakan produk khusus hasil kerja sama dari CIMB Niaga dan MasterCard untuk menyediakan sebuah layanan transaksi online yang lebih aman dan nyaman, sehingga saat bertransaksi para nasabah tidak perlu khawatir akan mengalami penyalahgunaan ataupun pencurian data-data kartu kredit yang selama ini membuat pengguna internet enggan melakukan belanja online.

Irni menambahkan, MasterCard Online Shopping Behaviour Study juga mengungkapkan bahwa aktivitas belanja online ditentukan oleh beberapa faktor utama, yakni metode pembayaran yang nyaman dan kecepatan bertransaksi (92%) serta fasilitas pembayaran yang aman (91,2%).

Oleh karena itu, MasterCard berharap dengan hadirnya fasilitas Virtual Credit Card dari OctoPay ini akan semakin mendorong jumtah transaksi elektronik di Indonesia serta mengurangi penggunaan uang tunai yang selama ini masih menjadi atat pembayaran utama, bahkan saat melakukan belanja online.

Ke depannya, kata dia, CIMB Niaga dan MasterCard Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyediakan layanan dan fasilitas pembayaran yang tidak hanya memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan, namun juga memberikan sebuah pengalaman pembayaran baru bagi para nasabah pemegang kartu CIMB Niaga MasterCard dalam bertransaksi elektronik.

“Diharapkan kerja sama yang dilaksanakan kali ini juga dapat turut menjadikan e-commerce sebagai pendukung percepatan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ucapnya. (*)

Paulus Yoga

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

1 hour ago

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas dalam Serangan Israel

Jakarta – Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dikabarkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Israel di… Read More

1 hour ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

2 hours ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

2 hours ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

2 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

3 hours ago