CIMB Niaga Gencarkan Pembiayaan ke UMKM

CIMB Niaga Gencarkan Pembiayaan ke UMKM

RUPST CIMB Niaga Tebar Dividen Rp1,39 Triliun
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendukung pengembangan bisnis di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah satunya dengan menggandeng fintech P2P Lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu).

Melalui kolaborasi ini, CIMB Niaga akan menyalurkan pembiayaan dengan skema berbasis channeling untuk tagihan dagang (invoice financing) dari para pelaku UMKM menggunakan digital platform milik Batumbu.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan, di tengah kondisi saat ini, kolaborasi antara perbankan dengan fintech merupakan strategi yang tepat bagi kedua belah pihak untuk terus mengembangkan bisnis.

Dalam hal ini, bank dan fintech perlu mengedepankan sinergi yang saling menguntungkan, bukan berkompetisi. Dengan demikian, keduanya dapat berkembang bersama-sama dan saling melengkapi sesuai keunggulan masing-masing.

“CIMB Niaga menyambut baik kemitraan dengan Batumbu. Bagi kami, kerja sama ini adalah bagian dari strategi untuk meningkatkan efisiensi karena skema penyaluran pembiayaan dilakukan oleh mitra (Batumbu), tentunya dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mengacu kepada kriteria penilaian kredit yang berlaku di CIMB Niaga. Melalui kolaborasi ini, kami lebih fokus mengembangkan usaha sesuai dengan keahlian utama kami,” kata Tony melalui keterangannya di Jakarta, Senin 28  Juni 2021.

Kerja sama ini menurut Tony, sekaligus memperkuat peran CIMB Niaga, khususnya dalam pembiayaan di sektor UMKM. Melalui fintech, CIMB Niaga dapat menjangkau nasabah-nasabah baru yang belum tersentuh pembiayaan perbankan, sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia sesuai arahan dari regulator dan pemerintah.

Kolaborasi yang mengoptimalkan pemanfaatan digital platform ini juga sejalan dengan konsistensi CIMB Niaga dalam mendukung digitalisasi proses sesuai kebutuhan dan preferensi nasabah saat ini.

“Pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan platform digital milik Batumbu sebagai mitra kami untuk mengajukan pembiayaan secara mudah, aman, sehat, dan cepat, sehingga arus kas dapat terjaga dan bisnis terus berkembang secara berkelanjutan,” kata Tony.

Penandatanganan ini akan menjadi acuan bagi Batumbu untuk meningkatkan kinerja yang telah terus berkembang, seperti yang tercermin pada awal kuartal II/2021 dengan membukukan penyaluran pembiayaan yang telah menembus angka Rp3 triliun dengan tingkat keberhasilan (TKB) 100%.

“Dengan terjalinnya kerja sama antara Batumbu dan CIMB Niaga, diharapkan dapat meningkatkan potensi Wira UMKM dalam membangun aliansi kemitraan strategis, sehingga dapat  menghasilkan solusi keuangan kreatif dengan pendekatan kami melalui rantai pasok hulu ke hilir secara holistik untuk pemberdayaan ekosistem yang berkelanjutan,” tutup CEO Batumbu Jenny Wiriyanto. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]