CIMB Niaga dan KB Bukopin Kolaborasi Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu

CIMB Niaga dan KB Bukopin Kolaborasi Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu

Jakarta – PT Bank CIMB Niaga (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) meresmikan Implementasi Layanan Tarik Tunai Tapa Kartu (Cardless Withdrawal) melalui jaringan ATM Bersama.

Dengan inovasi tersebut, kini seluruh mesin ATM CIMB Niaga telah siap digunakan untuk melayani transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu bagi bank peserta ATM Bersama. KB Bukopin merupakan bank pertama yang siap memanfaatkan layanan Tarik Tunai Tapa Kartu untuk nasabahnya di ATM CIMB Niaga.

Implementasi Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu untuk transaksi off us (beda bank) ini, sejalan dengan tren gaya hidup masyarakat di era digital yang gemar bertransaksi secara non tunai (cashless) dan tanpa kartu (cardless).

Selain mudah, layanan tersebut juga merupakan wujud dukungan nyata industri perbankan dan sistem pembayaran terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya dengan mengurangi penggunaan kartu ATM/debit berbahan plastik.

Head of Secured Lending and Retail Deposit Business CIMB Niaga, Christian TjanTjan mengatakan, sebagai bank yang fokus pada digitalisasi dan sustainability serta memiliki 4.432 unit mesin ATM yang tersebar di seluruh Indonesia, CIMB Niaga menjadi bagian dari bank yang menginisiasi implementasi layanan tarik tunai tapa kartu antar institusi perbankan melalui jaringan ATM Bersama.

“Hal ini semakin melengkapi kapabilitas digital CIMB Niaga, yang sebelumnya telah menyediakan layanan tarik setor tunai tapa kartu bagi nasabah di ATM CIMB Niaga melalui fitur Cardless dari Super App OCTO Mobile,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 6 Juli 2022.

Baca juga : CIMB Niaga Dorong Nasabah Perbanyak Transaksi Cardless

Layanan Tarik Tunai Tapa Kartu antar bank menawarkan sejumlah kelebihan. Selain mudah, transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu juga dapat mengurangi risiko terhadap kartu ATM/debit apabila hilang atau tertelan, lebih aman karena nasabah terhindar dari penipuan karena fitur yang disajikan hanya bisa digunakan untuk tarik tunai dari rekening nasabah sendiri, dan tentunya proses transaksi jadi lebih cepat.

Pada kesempatan yang sama, Charles Budiman selaku Executive Vice President Digital Division Head Bank KB Bukopin menyampaikan, kerjasama antara KB Bukopin dengan CIMB Niaga sebagai upaya memberikan layanan perbankan cepat, praktis, dan aman bagi seluruh nasabah.

“Implementasi cardless withdrawal ini bertujuan menyediakan kemudahan transaksi digital seiring dengan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Selain itu kerjasama ini sebagai salah satu upaya dalam mengimplementasikan alternatif transaksi dari industri perbankan digital,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Artajasa M. Ma’ruf juga menambahkan, bahwa penggunaan layanan cardless withdrawal saat ini semakin luas dan dapat diterima oleh masyarakat. Implementasi cardless withdrawal beda bank merupakan solusi bagi nasabah perbankan dalam menjawab kebutuhan transaksi perbankan secara mudah, cepat dan aman.

“Kami senantiasa mendukung bank-bank untuk mengimplementasikan layanan cardless withdrawal beda bank, sehingga turut mendorong interoperabilitas dalam digitalisasi sistem pembayaran dan meningkatkan jumlah transaksi elektronis di Indonesia. Tentunya hal ini juga menjadi salah satu wujud nyata Artajasa dalam mendukung program Bank Indonesia dalam percepatan digitalisasi sistem
pembayaran Indonesia dengan menciptakan ekosistem 3i (integrated, interoperable, interconnected). Serta menjawab kebutuhan pelanggan guna menyediakan metode pembayaran yang serba mobile,” tambah M. Ma’ruf. (*) Irawati

Related Posts

News Update

Top News