Ciamik! BRI Life Raih Platinum Trophy di 23rd Infobank Insurance Awards 2022

Ciamik! BRI Life Raih Platinum Trophy di 23rd Infobank Insurance Awards 2022

Ciamik! BRI Life Raih Platinum Trophy di 23rd Infobank Insurance Awards 2022
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – BRI Life selaku anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang bergerak di bidang asuransi jiwa, sukses meraih Platinum Trophy di ajang 23rd Infobank Insurance Awards 2022, pada Kamis, 28 Juli 2022, di Jakarta. Platinum Trophy diberikan bagi korporasi yang konsisten menyandang predikat “Sangat Bagus” dari Rating Asuransi versi Infobank selama 10 tahun berturut-turut (2012 – 2021).

Konsistensi BRI Life ini tak bisa dilepaskan dari ketekunan kantor cabang BRI Life di seluruh Indonesia. Konsep pelayanan face to face kepada nasabah di daerah yang terjaga dengan baik, membuat kantong-kantong pendapatan di daerah dapat teroptimalisasi dengan baik. Di samping itu, pemanfaatan kekuatan nasabah Bank BRI juga menjadi salah satu faktor utama pendongkrak kinerja BRI Life selama 10 tahun ini.

“Kami akan terus mendorong penetrasi pada seluruh segmen nasabah di Bank BRI untuk dapat tumbuh secara berkesinambungan di masa yang akan datang,” ujar Chief Executive Officer (CEO) BRI Life Iwan Pasila, kepada Infobank, belum lama ini.

“Semua upaya ini memungkinkan kami mencapai Pendapatan Premi Baru Ekivalen yang Disetahunkan (APE – Annualized Premium Equivalent) yang mencapai Rp2,54 triliun, atau tumbuh 9,5% secara tahunan, serta menempatkan BRI Life pada urutan ke-4 dan menjadi Bancassurance terbesar di Indonesia berdasarkan pencapaian APE,” tambah Iwan.

Dari sisi pendapatan premi, BRI Life telah membukukan pendapatan premi sebesar Rp6,8 triliun pada 2021, atau tumbuh 15% secara tahunan. Selama tahun 2021 pula, BRI Life sudah menyebarkan klaim sebesar Rp5,7 triliun, atau naik 52% secara tahunan.

Berkat manajemen biaya operasional yang efektif dan efisien melalui teknologi digital, dan dengan pengoptimalan produk investasi non-Unit Link yang mencapai Rp755 miliar atau tumbuh 30% secara tahunan, BRI Life turut mencatatkan pertumbuhan laba bersih yang signifikan sebesar 140%, atau menjadi Rp150 miliar selama 2021.

Lalu, dari sisi kekayaan, BRI Life juga membukukan total kekayaan sebesar Rp18,3 triliun, tumbuh 40% dibanding tahun 2020. Begitu pula dengan ekuitasnya, yang tumbuh hampir 139% secara tahunan atau menjadi Rp6,7 triliun.

Sebagai informasi, terdapat 57 perusahaan asuransi yang berhasil meraih 23rd Infobank Insurance Awards 2022, dengan rincian 42 perusahaan asuransi umum dan 15 perusahaan asuransi jiwa.

Infobank Insurance Awards 2022 didasarkan pada Rating 110 Perusahaan Asuransi versi Infobank Tahun 2022, yang penilaiannya mengacu pada analisa laporan keuangan perusahaan asuransi sepanjang 2021.

Penilaian kinerja perusahaan asuransi yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank (BiRI) tersebut terdiri dalam 5 tahapan besar dalam menentukan predikat “Sangat Bagus”. Tahapan tersebut meliputi penentuan formula rating berdasarkan perkembangan industri asuransi, pencarian sumber data, pemberian skor/nilai dari hasil pengolahan angka-angka dari berbagai rasio pertumbuhan, dan pemberian predikat.

Kemudian, Biro Riset Infobank mengelompokkan perusahaan asuransi berdasarkan pendekatan premi bruto. Pengelompokan perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya menggunakan standar deviasi sehingga diperoleh pengelompokkan yang adil melalui pendekatan pemerataan. (*) Steven Widjaja

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]