Ekonomi dan Bisnis

Cetak Laba Rp1,22 Triliun, Mitratel Apresiasi Para Tenant

Jakarta – PT. Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau Mitratel, mencatatkan laba bersih Rp1,22 triliun di kuartal III-2022. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 18,1% (yoy) bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya diperiode yang sama.

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) bidang penyediaan infrastruktur digital dan telekomunikasi independen ini, terus konsisten tumbuh lebih besar dari pertumbuhan industri, dengan mencatatkan rata-rata pendapatan selama 5 tahun atau Compound Annual Growth Rate 2017-2021 (CAGR) sebesar 14%. 

Dengan kondisi tersebut, menjadikan profitabilitas Mitratel naik lebih signifikan dibandingkan tahun lalu.

Pendapatan perseroan disepanjang kuartal III 2022 ini mengalami kenaikan hingga 11,5% secara tahunan menjadi Rp5,6 triliun bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp5,02 triliun. Begitu juga dengan EBITDA yang mengalami kenaikan sebesar 15,7% menjadi Rp4,4 triliun.

“Ke depan kami meyakini EBITDA semakin meningkat seiring besarnya peluang pertumbuhan kolokasi di menara Mitratel, terutama di luar Jawa,” ujar Direktur Utama Mitratel, Theodorus Ardi Hartoko (Teddy Hartoko), dikutip 31 Oktober 2022.

Sejalan dengan kinerja pendapatan dan laba perusahaan yang positif, aset perusahaan tercatat meningkat 37% menjadi Rp 54,9 triliun dan ekuitas juga meningkat 124% menjadi Rp33,2 triliun. Adapun liabilitas Mitratel pada September 2022 berhasil turun 14,1% menjadi sebesar Rp21,7 triliun.

Menurut Teddy, Mitratel bisa tumbuh dan berkembang hingga saat ini tentunya tidak lepas dari dukungan dan kerjasama dengan para tenant seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, dan juga Smartfren.  

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para tenant yang sudah mempercayai Mitratel dalam bisnis dan industri telekomunikasi ini,” ungkap Teddy.

Untuk memberikan apresiasi kepada para tenant, Mitratel mengajak para tenant untuk ikut dalam Turnamen futsal bertajuk Mitratel CUP 2022, yang digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan HUT Mitratel ke-14 yang sudah dimulai sejak awal Oktober lalu.  

Trophy turnamen futsal Mitratel CUP 2022 diperebutkan oleh 4 tim yang terdiri dari para tenant dan juga tim media. “Kami mengundang tenant-tenant Mitratel untuk berolah raga dan juga menjalin silaturahmi pada perayaan bertambahnya usia Mitratel tahun ini,” kata Teddy

Teddy menyampaikan pertandingan ini hanya sebuah wadah atau media untuk para tenant saling bertemu. “Kita berkompetisi namun silaturahmi lebih utama,” tegasnya.

Pada upacara pembukaan turnamen ini, ditandai dengan tendangan penalti yang dilakukan oleh Direktur Investasi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk Hendra Purnama dan dijaga oleh penjaga gawang dari tim Mitratel yang akan bertanding.  

Pertandingan dilakukan dengan sistem full kompetisi di mana seluruh peserta akan saling berhadapan. Tim dengan poin terbanyak akan keluar sebagai juara. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

4 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

5 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

5 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

5 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

5 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

6 hours ago