Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan Dorong Inovasi dan Layanan Bank

Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan Dorong Inovasi dan Layanan Bank

cetak biru
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Seiring berkembangnya transformasi digital di sektor industri jasa keuangan khususnya perbankan, telah menuntut perubahan strategi bisnis dalam upaya meningkatkan daya saing. Ototitas Jasa keuangan (OJK) pun melihat bahwa perlu adanya penguatan peraturan yang terkait dengan teknologi informasi.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam salah satu pilar Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia 2020-2025 OJK yaitu akselerasi transformasi digital perbankan, menjabarkan melalui Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan.

“Cetak Biru Transformasi Digital disusun sebagai suatu acuan dalam upaya mempercepat transformasi digital perbankan, untuk memberikan gambaran yang lebih konkret atas berbagai inisiatif dalam mendorong akselerasi transformasi digital perbankan,” ujar Teguh Supangkat, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK, Kamis, 21 Juli 2022.

Teguh menjelaskan, Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan akan berfokus kepada lima elemen utama yang memberikan landasan digitalisasi untuk perbankan yaitu data, teknologi, manajemen risiko, kolaborasi dan tatanan institusi.

“Diharapkan dari kelima elemen tersebut menjadi suatu langkah strategis untuk mendorong perbankan dalam menciptakan inovasi produk dan layanan yang dapat memenuhi ekspektasi nasabah dan berorientasi pada kebutuhan nasabah,” ucap Teguh. (*) Irawati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]