Ekonomi dan Bisnis

Cek Fakta, Kode Barcode Berawalan Angka 729 Produk Israel?

Jakarta – Belakangan, media sosial dihebohkan mengenai pemberitaan kode barcode berawalan angka 729 yang ditenggarai sebagai produk asal Israel. Narasi yang tersebar menyerukan untuk memboikot kode nomor batang tersebut.

“Yuk kita wajib boikot produk israel dan sekutunya, jika kita membeli produk mereka sama saja kita mendzolimi saudara kita di Palestina. Ingat sebelum anda membeli produk apapun di cek dulu kode barcode seperti dibawah ini. Dibawah ini kode barcode negara pembuat. Kode 729=Israel, Kode 00-13 = Amerika,” tulis narasi unggahan tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran Infobanknews, nomor unik di bawah kode batang pada produk yang dijual di pasaran merupakan kode yang diatur oleh GS1.

Baca juga: Perbandingan Harga Produk Israel vs Lokal, Mana Paling Murah?

GS1 merupakan perjanjian industri dagang global yang menghasilkan pembuatan kode batang, untuk memudahkan pemindaian dan pemberdayaan rantai pasokan.

Terdapat 13 digit unik yang dipakai hampir di semua negara, yakni European Article Number (EAN) atau Universal Product Code (UPC). Perusahaan yang terdaftar ke GS1 akan diberi pengenal unik yang dimulai dengan prefix tersebut. 

Melansir laman resmi GS1, Kamis (9/11), kode 729 memang dipakai untuk Israel. Namun secara resmi GS1 mengklaim, perusahaan dengan barcode dari organisasinya bisa memproduksi produk dari negara mana saja di seluruh dunia. Prefiks yang diterbitkan GS1 tidak mengidentifikasi negara asal produk tersebut.

Kesimpulan

Artinya, tiga digit angka yang tertulis dalam barcode produk tidak menunjukkan di mana produk tersebut diproduksi. Kode tersebut hanya menunjukkan lokasi perusahaan, namun produk dapat dibuat dari negara lain.

Baca juga: 10 Produk Teknologi Israel yang Ramai Diboikot  Dunia

Awalan GS1 tidak menunjukkan bahwa produk tersebut diproduksi di negara tertentu atau oleh produsen tertentu. 

GS1 pun memperbolehkan perusahaan untuk mengubah digit kode batang lantaran produksinya bisa dilakukan di negara mana saja. Oleh sebab itu, pembuatan kode tidak selalu mengacu pada negara asal produk.

Dikutip dari Barcoding, lokasi kantor dan fasilitas produksi sebuah perusahaan acap kali berada di negara yang berbeda. Sehingga banyak produk tidak lagi menunjukkan informasi di mana mereka dibuat. Contohnya, hanya memberikan informasi lokasi distributor berada. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

2 hours ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

3 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

4 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

4 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

4 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

5 hours ago