Teknologi

Catat! Tiga Manfaat Transformasi Digital Bagi Anak Usia Dini

Jakarta – Memasuki era digital, sistem manajemen pembelajaran terpadu semakin diminati berbagai jenjang pendidikan di Indonesia.

Sistem terpadu yang bisa diakses oleh pengajar, tata usaha, dan orang tua tersebut mempermudah manajemen dan kegiatan operasional.

Tak hanya pendidikan tingkat lanjut, tata kelola yang komprehensif merupakan hal yang penting diterapkan bahkan sejak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman kanak-kanak (TK). 

Sistem manajemen pembelajaran ini dapat membantu memecahkan berbagai tantangan yang dihadapi sekolah seperti proses operasional, keuangan, dan perencanaan.

CEO dan Co-Founder Anak2U Wan Muzaffar Wan Hashim mengatakan, guna mengikuti perkembangan zaman dan memaksimalkan efisiensi, pendidikan anak usia dini perlu memiliki sistem manajemen yang komprehensif.

“Berangkat dari dasar tersebut, Anak2U berkomitmen untuk menciptakan sistem all-in-one yang dapat membantu pemilik sekolah, pengajar, dan orang tua untuk mempermudah proses pengajaran, administrasi, serta meningkatkan pembelajaran anak,” jelasnya, dikutip Jumat, 5 Mei 2023.

Selain itu kata dia, sistem manajemen juga harus membantu pengajar mengelola berbagai tugas administratif secara manual, seperti kendala waktu, penilaian, absensi, serta laporan.

“Hal komunikasi antara pengajar dan orang tua juga harus dikelola dengan baik dan optimal sehingga orang tua bisa mendapatkan perkembangan terkini terkait anak,” pungkasnya.

Yuk, simak tiga manfaat signifikan dari menggunakan sistem manajemen pembelajaran bagi institusi pendidikan anak usia dini.

1. Mengurangi Biaya Pengeluaran

Salah satu permasalahan yang dialami oleh sekolah anak usia dini adalah besarnya biaya yang dikeluarkan untuk sistem digital. Dengan adanya sistem manajemen pembelajaran, aplikasi ini dapat mengurangi pengeluaran modal dan biaya operasional.

2. Mempermudah Pekerjaan dengan Sistem Terintegrasi 

Sekolah seringkali mengalami kesulitan dalam melakukan penyimpanan dokumen, yang dapat menyebabkan tercecernya dokumen.

Implementasi sistem manajemen pembelajaran dapat memudahkan administrasi sekolah, termasuk pengolahan data siswa, proses pengolahan nilai atau rapor, pengelolaan inventaris dan peralatan sekolah, serta pengelolaan keuangan dengan lebih efisien.

3. Sistem dan Konten Dimodifikasi Sesuai Kebutuhan

Sistem manajemen pembelajaran memiliki fleksibilitas dan adaptabilitas sehingga dapat dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan dan kurikulum yang diterapkan.

Anak2U menawarkan sistem manajemen pembelajaran yang memiliki kurikulum islami. Sekolah anak usia dini dengan kurikulum Islami dapat melakukan kustomisasi dalam sistemnya, seperti menambahkan fitur membaca dan menghafal Al-Qur’an, sehingga orang tua siswa dapat melihat perkembangan anaknya di sekolah. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

1 hour ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

2 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

2 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

3 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

3 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

4 hours ago