Ekonomi dan Bisnis

Catat Kinerja Positif, SMBR Incar Laba Naik 2x Lipat di 2022

Jakarta – PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) menargetkan laba perusahaan akan tumbuh dua kaliipat dari tahun lalu menjadi sekitar Rp100 miliar.

“Laba kita tumbuh targetkan dua kali dari tahun lalu mencapai di 100an miliar, ini menjadi target kami, syukur syukur bisa lebih, ini harapan kita bersama,” ucap Direktur Utama SMBR, Daconi dalam konferensi pers Public Expose Live, 13 September 2022.

Ia menambahkan bahwa sepanjang tahun 2022 perusahaan mencatatkan kinerja yang positif, hal ini terlihat pada total demand semen nasional pada semester I-2022 yang mencapai 29,4 juta ton atau naik 1,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Sementara di wilayah pasar utama kami di sumbagsel justru mencatatkan negatif pertumbuhannya -2,3%, jadi memang secara yoy kita tumbuh di tengah menurunnya demand pasar utama kami,” ujar Daconi.

Di tengah penurunan demand tersebut SMBR mampu mencatatkan pertumbuhan volume penjualan hingga 5% (yoy) atau sebesar 890.136 ton. Tercatat pada penjualan semen SMBR dari segmen retail naik hingga 4,9% dan segmen project naik 1,9%. Secara komposisi penjualan semen SMBR masih didominasi oleh segmen retail seperti tahun lalu.

Pertumbuhan volume penjualan tersebut mendorong peningkatan pendapatan dan laba bersih SMBR semester I-2022 yang juga tumbuh positif. Tercatat SMBR membukukan kenaikan pendapatan sebesar 8% (yoy) menjadi Rp825,5 miliar, serta laba bersih yang naik signifikan hingga 495% atau sebesar Rp15,78 miliar.

Dalam mendorong kinerja positif tersebut perusahaan telah menerapkan tiga strategis utama, diantaranya adalah Cost Leadership through SMBRGO45 Program yang merupakan bentuk efisiensi biaya di berbagai bidang.

“Kemudian strengthen market positioning, ini memperkuat dari segi pemasaran yang posisi utamanya adalah di sumbagsel ya karena itu yang paling dekat kita dengan wilayah daratan, juga tentu bersinergi dengan bumn karya dan industri semen pada umumnya,” imbuhnya.

Terakhir terkait dengan kompetensi dan profesionalisme, Competency Improvement of Employee yang merupakan inisiatif perusahaan pada upaya untuk menciptakan SDM yang unggul dan profesional dengan mengembangkan sistem manajemen talenta. (*) Khoirifa

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Investor Simak! IHSG Pekan Ini Bakal Dipengaruhi 3 Sentimen Berikut

Jakarta - Pada satu pekan terakhir, yakni periode 30 September - 4 Oktober 2024, Indeks… Read More

35 mins ago

Hijra Bank-Kemenparekraf Sepakat Salurkan Pembiayaan Syariah Berbasis HAKI Pertama di Indonesia

Jakarta - Hijra Bank bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat untuk menyalurkan skema pembiayaan syariah… Read More

1 hour ago

Cadangan Devisa RI Turun Tipis jadi USD149,9 Miliar di September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia menurun tipis. Pada akhir September 2024 cadangan… Read More

2 hours ago

Tanggapi Deflasi 5 Bulan Beruntun, Jokowi Bilang Begini

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait penurunan deflasi lima bulan beruntun… Read More

3 hours ago

Akun Nasabah Bank of America Sempat Tak Bisa Diakses, Ditemukan 20.266 Layanan Akun Terhenti

Jakarta - Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses… Read More

3 hours ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank SUMUT dan Pemerhati UMKM DI ZAMAN sekarang ini, banyak… Read More

4 hours ago