Cara Perjalanan Murah Jakarta-Bali ala Backpacker, Cuma Modal Rp190 Ribuan

Cara Perjalanan Murah Jakarta-Bali ala Backpacker, Cuma Modal Rp190 Ribuan

Jakarta – Musim liburan Natal dan Tahun Baru 2024 sudah tiba. Sudah saatnya Anda angkat koper untuk pergi ke destinasi wisata favorit untuk bersantai dan melepas penat.

Jika ingin liburan tapi hanya punya budget ‘merakyat’, jangan khawatir Anda tetap dapat traveling asalkan mempunyai rencana keuangan yang matang dan mengikuti trik tertentu. Misalnya, berlibur ke Pulau Dewata, Bali.

Ya, berlibur ke Bali tidak hanya dapat dicapai dengan pesawat terbang. Tetapi, ada alternatif transportasi murah lain yang bisa Anda coba.

Baca juga: Daftar 10 Rute Penerbangan Domestik Tersibuk di Dunia, Bali Nomor Berapa?

Jika perjalanan dimulai dari Jakarta, Anda bisa menggunakan transportasi darat dan laut dengan bugjet murah Rp189 ribu untuk sekali jalan.

Simak tips transportasi murah dari Jakarta ke Bali yang sudah Infobanknews rangkum dari berbagai sumber. Namun, harap diingat bahwa harga sewaktu-waktu dapat berubah ya!

Rute dan Tarif Perjalanan Jakarta – Bali

  1. Start rute  perjalanan dimulai dari Jakarta dengan naik kereta api Airlangga dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Surabaya Pasarturi. Adapun, tarif tiket kereta api sekitar Rp 104.000 per orang.

Perjalanan yang ditempuh sekitar 11 jam. Meski begitu, Anda bisa tetap duduk nyaman menikmati pemandangan dari jendela kereta api seperti hamparan hijau persawahan.

  • Sesampainya di Stasiun Pasarturi, Surabaya, maka Anda perlu pindah ke Stasiun Surabaya Gubeng untuk naik kereta api ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Untuk dapat menuju ke Stasiun Surabaya Gubeng berjarak sekitar 5 kilometer (km), Anda bisa menggunakan transportasi ojek dengan biaya sekitar Rp12.000.

  • Setiba di Stasiun Surabaya Gubeng, kamu naik kereta api Probowangi tujuan Ketapang Banyuwangi dengan tarif tiket sekitar Rp56.000 dengan waktu perjalanan sekitar 7 jam.
  • Lalu, saat tiba di Stasiun Ketapang Banyuwangi, kamu bisa jalan kaki ke Pelabuhan Ketapang yang hanya berjarak sekitar 600 meter.
  • Setibanya di Pelabuhan Ketapang, naik kapal feri tujuan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, dengan tarif tiket Rp8.500 per orang. untuk membeli tiket kapal feri sendiri perlu menggunakan aplikasi ferizy.
  • Sesampainya di Bali, Anda bisa langsung menaiki transportasi umum yang tersedia untuk menuju ke destinasi wisata yang diinginkan.
Baca juga: Kota Ini Geser Bali jadi Destinasi Wisata Favorit Pelancong Australia

Rincian Budget Transportasi Jakarta – Bali

Tiket KA Senen – Pasarturi          = Rp104.000

Tiket KA Pasarturi – Gubeng        = Rp12.000

Tiket KA Gubeng-Ketapang          = Rp65.000

Tiket Ketapang-Gilimanuk           = Rp8.500

Total                                       = Rp189.000. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News