Keuangan

Cara Moladin dan Superbank Berdayakan UMKM Otomotif di RI

Jakarta – Moladin, platform fintech dan marketplace otomotif menjalin kerja sama dengan Superbank dalam memberdayakan UMKM otomotif di Tanah Air.

Melalui kemitraan Moladin dan Superbank, bank digital milik Emtek ini akan memberikan fasilitas kredit kepada Moladin, yang akan digunakan untuk meningkatkan skala bisnis penyaluran pinjaman kepada UMKM otomotif dengan bisnis inventory financing.

Selain itu, pencairan pinjaman kepada konsumen akhir di lini bisnis pinjaman konsumen (melalui MoFi). 

Kedua perusahaan juga akan memanfaatkan kepakaran teknologi dan finansial mereka untuk memberikan akses perbankan yang lebih baik kepada UMKM.

Baca juga: Moladin Rambah Bisnis Pembiayaan Lewat MOFI

Chief Business Officer Superbank Sukiwan mengatakan, kemitraan dengan Moladin mencerminkan komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat dengan menyediakan solusi yang disesuaikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan unik UMKM yang sedang berkembang. 

Menurutnya, kemitraan tersebut sangat selaras dengan misi besar perusahaan untuk mendukung masyarakat underbanked dan mendorong literasi keuangan, memastikan bahwa mereka memiliki akses ke sumber daya yang mereka butuhkan untuk berkembang. 

“Kami sangat antusias mengenai dampak positif yang akan dihasilkan dari kemitraan ini bagi masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya, dikutip Senin (21/11).

Co-Founder dan Group CEO Moladin Andrew Khoo mengatakan, dalam industri mobil bekas, sebanyak 2-3 juta mobil bekas ditransaksikan di Indonesia setiap tahunnya. Di mana, dengan 80 persen transaksinya difasilitasi oleh >50.000 pengusaha mikro mobil bekas. 

Menurutnya, meskipun mempunyai peran penting, mereka seringkali kekurangan akses terhadap pembiayaan, network dan layanan konsumen. Bagi konsumen, pembelian mobil bekas merupakan langkah menuju kepemilikan mobil yang terjangkau dan peluang untuk memperoleh penghasilan lebih. 

Namun, sebagian besar konsumen memiliki akses pembiayaan yang terbatas untuk membantu mereka meraih pencapaian signifikan ini. 

Baca juga: KakaoBank Caplok 10 Persen Saham Superbank, Bank Digital Milik Emtek Group

“Kami di Moladin berupaya menghilangkan hambatan modal ini bagi UMKM otomotif dan konsumen untuk meningkatkan usaha mereka. Dan kami senang dapat bekerjasama dengan Superbank untuk mempercepat tercapainya tujuan ini,” akunya.

Kemitraan ini diharapkan dapat memberdayakan dan memberikan dampak langsung terhadap kehidupan banyak UMKM otomotif dengan meningkatkan produktivitas dan pendapatan kedua perusahaan sekaligus memberikan akses pembiayaan yang lebih besar kepada konsumen. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

8 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

8 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

9 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

9 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago