Tips & Trick

Cara Jitu Agar Bisnis Studio Foto Lebih Cuan

Jakarta – Studio foto adalah salah satu usaha yang menarik untuk dibangun di masa kini. Terlebih lagi, ada banyak orang yang ingin foto dengan konsep tertentu untuk berbagai alasan.

Namun, untuk memulai bisnis ini tentunya tidak mudah. Banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain modal, kemampuan fotografi hingga perangkat fotografi yang mutakhir menjadi hal yang perlu disiapkan.

Terkait dengan modal, saat ini sudah banyak solusi yang bisa ditempuh para pengusaha. Salah satunya bisa mengembangkan bisnis studio dengan pinjaman online. Dengan pinjaman produktif, Anda bisa mengembangkan usaha ‘lincah’ untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan usaha ini, simak sejumlah tips dalam mengembangkan studio foto dengan pinjaman online agar lebih sukses. Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Perdalam Kemampuan dengan Ikut Kursus

Ada berbagai kursus yang bisa diikuti untuk mendalaminya. Kursus ini bisa diikuti secara daring maupun luring.

Jika Anda ingin mengikuti kursus dengan praktis tanpa harus datang ke tempat, maka kursus daring bisa diikuti. Namun, kalau Anda ingin bertemu dengan pengajar dan teman baru, kursus secara luring dapat kamu pilih.

Selain itu, Anda bisa memilih level kursus sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan demikian, kamu tak akan kesulitan karena level yang terlalu tinggi atau merasa bosan karena level yang terlalu rendah.

Baca juga: Bibit.id Berbagi Tips Investasi Aman di Pasar Modal

2. Gunakan Perangkat Termutakhir

Perangkat adalah hal penting saat ingin mengembangkan usaha studio foto dengan memanfaatkan pinjaman online. Maka dari itu, pertimbangkan untuk memilih perangkat termutakhir agar hasilnya dapat maksimal dan mengikuti perkembangan zaman.

Perangkat yang diperlukan antara lain adalah kamera, flash, tripod, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum kamu membelinya. Pastikan juga perangkat yang kamu beli dalam keadaan prima.

Anda bisa membeli perangkat tersebut secara daring atau luring. Apapun keputusanmu, pastikan toko tersebut terpercaya dan ada garansi sehingga kamu bisa memperbaikinya segera jika ada kerusakan.

3. Lengkapi dengan Perangkat Lunak

Tak hanya perangkat keras saja yang harus dilengkapi, namun juga perangkat lunak. Misalnya adalah perangkat lunak untuk menyunting foto yang sudah diambil. Dengan demikian, hasil foto bisa lebih maksimal lagi.

Saat melengkapinya, pastikan bahwa perangkat lunak tersebut asli. Jadi, kamu bisa membuka semua fitur yang disediakan dengan lebih mudah. Selain itu, perangkat lunak yang asli juga dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, seperti komputer terjangkit virus atau pencurian data.

Perangkat lunak ini tentu harus didukung oleh komputer dan sistem operasi yang mumpuni. Jika tidak, maka kamu akan kesulitan menggunakannya. Maka dari itu, pastikan bahwa kedua hal tersebut sudah cukup optimal. Jika belum, Anda bisa meng-upgrade-nya.

4. Tetapkam Harga Kompetitif

Harga adalah hal pertama yang dilihat oleh konsumen saat memilih suatu usaha jasa. Oleh sebab itu, Anda perlu menetapkan harga yang kompetitif jika dibandingkan dengan usaha studio foto lainnya.

Cara menetapkan harga ini adalah dengan mencari tahu harga dari usaha studio foto lain. Selain itu, cari tahu juga apa saja yang ditawarkan oleh usaha tersebut dengan harga sekian.

Dalam menetapkan harga ini, pastikan Anda tidak mengalami rugi. Jadi, tidak apa-apa kalau Anda memang harus menaikkan harga sedikit jika dibandingkan dengan usaha lainnya, selama konsumen dapat pelayanan yang sesuai.

5. Gencar Promosi Usaha

Promosi adalah hal penting dalam mengembangkan usaha studio foto ini. Maka dari itu, Anda perlu mengatur rencana bagaimana cara untuk mempromosikannya agar masyarakat bisa mengetahuinya.

Saat ini promosi usaha kerap dilakukan secara daring melalui media sosial. Hal ini disebabkan cara tersebut dapat menjangkau lebih banyak orang daripada luring. Selain itu, cara ini juga praktis dan mudah untuk dilakukan.

Di media sosial tersebut, Anda bisa memberikan informasi penting mengenai usahamu. Misalnya adalah portofolio hingga nomor yang bisa dihubungi. Kalau Anda ingin membuat situs untuk usaha studio foto, cantumkan informasi penting itu juga.

6. Bangun Persona

Usaha yang menarik adalah usaha yang mempunyai personanya sendiri. Hal ini dapat membuat konsumen bisa membedakan usaha Anda dengan usaha lainnya. Selain itu, konsumen juga bisa mengingat usaha Anda dengan lebih mudah.

Maka dari itu, bangunlah persona Anda. Jika masih bingung persona apa yang harus dibangun, cobalah melihat usaha-usaha serupa di sekitarmu hingga luar negeri. Lalu, modifikasi persona tersebut sesuai kebutuhan.

Jika sudah mempunyainya, maka pertahankan persona itu. Biarkan konsumen tetap mengingat usaha dengan persona ini. Lalu, gaungkan persona tersebut di setiap pekerjaan yang Anda lakukan, media sosial, hingga situs usaha.

7. Ikuti Perkembangan Fotografi

Fotografi adalah sesuatu yang selalu berkembang setiap saatnya. Hal ini ditandai dengan banyaknya tren yang terus menerus muncul dari waktu ke waktu. Kamu perlu mengikuti perkembangan ini agar tidak ketinggalan zaman.

Cara mengikuti perkembangan ini adalah dengan melihat media sosial tentang fotografi. Pelajari apa saja yang sedang terjadi di dunia fotografi melalui media sosial tersebut. Mesin pencarian seperti Google juga bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui perkembangan fotografi terkini.

Di samping itu, Anda bisa mengikuti komunitas fotografi. Di sana, kamu dapat bertukar pikiran dengan fotografer-fotografer handal mengenai perkembangan dunia fotografi. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi terkait pengembangan usahamu.

8.    Rencanakan Usaha

Anda perlu membuat rencana terkait usahamu, seperti apa yang akan lakukan untuk mengembangkannya. Bila perlu, tulislah langkah-langkah konkretnya agar Anda dapat lebih mudah mengembangkan usaha.

Selain itu, Anda juga perlu mempunyai tujuan yang pasti terkait usaha. Misalnya dalam lima tahun yang akan datang, Anda bisa membuka cabang lain dari usaha studio fotografi.

Rencana adalah kunci dari berkembangnya usaha studio foto. Tanpa rencana yang pasti, jalan yang Anda pilih menjadi tidak jelas dan usaha bisa berantakan.

Baca juga: Serangan Ransomware Merajalela, Berikut 4 Tips Aman Jaga Data Pribadi

9. Persiapkan Dana

Dana adalah hal yang tak kalah penting untuk mengembangkan usaha fotografi. Oleh sebab itu, pastikan kamu mempunyai dana yang cukup untuk mengembangkannya.

Salah satu sumber dana yang bisa Anda gunakan adalah pinjaman dana tunai KTA. Pinjaman ini tidak memerlukan agunan sehingga Anda dapat memperoleh dana dengan cepat dan mudah.

Menariknya, saat ini ada bank yang bisa memberikan pinjaman tersebut secara daring sehingga Anda bisa melakukan semua prosesnya hanya dari rumah.

Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak tips yang bisa diterapkan untuk mengembangkan usaha studio foto. Tips-tips ini akan berjalan dengan lancar bila didukung sumber dana seperti digibank KTA.

Dengan digibank KTA, Anda dapat memperoleh pinjaman hingga Rp200 juta dengan approval hanya 60 detik. Cicilannya pun bisa mencapai 36 bulan. Menariknya, dokumen fisik tak diperlukan saat pengajuan. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

1 hour ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

3 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

4 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

4 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

5 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

18 hours ago