Categories: Keuangan

Calon DK OJK Tahap I Miliki Kapasitas dan Integritas yang Baik

Jakarta – Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) telah memilih sebanyak 155 calon untuk tahapan pertama. Menanggapi hal ini, Direktur Riset Center of Reform Economic (CORE) Piter Abdullah mengungkapkan, calon-calon yang dipilih oleh Pansel sejauh ini tercatat memiliki kapasitas dan integritas yang baik.

“Saya kira nama-nama yang muncul sangat menggembirakan. Mereka yang lolos tahap I adalah yang kita kenal memiliki kapasitas mumpuni, memiliki pengalaman dan jejak integritas yg baik,” tulis Piter ketika dihubungi oleh Infobank pada Senin, 31 Januari 2022.

Sementara itu, Ekonom INDEF Eko Listiyanto juga menilai, banyak kandidat yang kompeten untuk menjadi DK OJK ke depan, baik dari kalangan akademisi, birokrat, maupun praktisi. Ia berharap calon DK OJK bisa mendorong kebijakan yang memperkuat sektor keuangan Indonesia.

“Harapannya, figur yang terpilih memiliki visi ke depan untuk mendorong lembaga ini melahirkan kebijakan-kebijakan yang memperkuat interrelasi sektor keuangan dengan sektor riil, seperti kredit ke sektor prioritas PDB yang meningkat (UMKM, Industri, Pertanian),” ucapnya.

Lebih jauh, Piter juga menyebutkan beberapa nama yang dirasa memiliki potensial untuk menjadi DK OJK selanjutnya. Nama-nama tersebut antara lain, (I) Mirza Adityaswara, Direktur Utama, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), (II) Friderica Widyasari Dewi, Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas, (III) Inarno Djajadi Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, (IV) Anto Prabowo, Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat Dan Logistik, OJK, (V) Moch. Ihsanuddin, Deputi Komisioner Pengawas IKNB II, OJK.

Selanjutnya, (VI) Agusman, Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Audit Intern BI, (VII) Sophia Issabella Watimena, Executive Advisor Inalum, (VIII) Muhammad Edhie Purnawan, Ketua Badan Supervisi Bank Indonesia, (IX) Iskandar Simorangkir, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Evan Yulian

Recent Posts

Pelantikan Prabowo-Gibran: Bank DKI Sajikan 2 Panggung Hiburan, Ada Wali-Zumba Massal

Jakarta - Dalam rangka menyambut transisi kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Bank DKI… Read More

1 hour ago

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

14 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

15 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

15 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

15 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

16 hours ago