Buwas Resmikan Platform E-Commerce PangananDotCom

Buwas Resmikan Platform E-Commerce PangananDotCom

Buwas Resmikan Platform E-Commerce PangananDotCom
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Perum BULOG meresmikan platform e-commerce bernama PangananDotCom, di komplek pergudangan BULOG, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa, 26 November 2019. PangananDotCom digadang-gadang merupakan Supermall Pangan pertama di Indonesia.

Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso (Buwas) dalam sambutannya mengatakan, peresmian PangananDotCom merupakan jawaban dan respon dalam rangka mewujudkan program pemerintah, yakni ketahanan pangan.

“Kami sudah beberapa kali mencoba untuk mewujudkan apa yang disebut ketahanan pangan. Itu semua bisa terwujud apabila bersinergi, termasuk memanfaatkan teknologi yang ada. Bulog mampu mewujudkan ini karena didukung stakeholder yang punya pemahaman untuk membangun bangsa dan negara. Tantangan era industri 4.0, memerlukan kolaborasi antar pihak agar tidak tertinggal,” ujar Buwas.

Ia menambahkan, PangananDotCom adalah pembuktian bahwa Perum BULOG berpihak kepada petani dalam negeri. Adanya platform untuk penjualan beras online pun dipercaya bisa mengangkat derajat para petani. “Jadi tambah semangat semua, karena mereka (petani) tau dan punya jaminan berasnya akan di jual kemana, kalau dulu kan petani bingung,” tambahnya.

Pada peresmian ini, Perum BULOG juga memperkenalkan 50 merek beras baru dengan berbagai macam kualitas seperti premium dan medium maupun beras khusus seperti beras merah, beras hitam, beras lokal daerah, dan beras organik. Selain itu, Perum BULOG juga memperkenalkan beras fortifikasi yang dilengkapi dengan 8 kandungan nutrisi dan merupakan salah satu upaya Perum BULOG untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan gizi masyarakat dan mengentaskan stunting.

Sebelum melakukan Grand Launching PangananDotCom, Perum BULOG terlebih dulu melakukan pilot project di Jakarta kepada karyawan Bank BNI dan Bank BRI selama dua bulan dengan memberikan beras hasil produksinya. Selama ini, kata Buwas, beras dari Perum BULOG identik dengan image beras jelek. Namun, setelah pilot project dan mendapat respon positif, bahwa beras Perum BULOG memiliki mutu yang baik. PangananDotCom juga dipercaya dapat mengurangi mafia beras.

“PangananDotCom diharapkan menjadi king market atau supermall bahan pangan online yang terbesar di seluruh Indonesia,” tutupnya. (*) Ayu Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]