News Update

Bursa Siap Panggil Ernst & Young Indonesia Terkait Investigasi Keuangan AISA

Jakarta – PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) kembali ramai diperbincangkan, pasca munculnya hasil investigasi laporan keuangan 2017, oleh PT Ernst & Young Indonesia (EY).

Pasalnya, dari laporan EY tersebut ada dugaan penggelembungan pos akuntansi senilai Rp4 triliun serta beberapa dugaan lain. Diantaranya adalah adanya aliran dana Rp1,78 triliun melalui berbagai skema dari Grup AISA kepada pihak-pihak yang diduga terafiliasi dengan manajemen lama.

Pihak PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sendiri mengambil langkah cepat, dengan memanggil managemen AISA untuk mengkonfirmasi hasil audit tersebut.

“Kita juga akan mengundang EY nanti untuk menanyakan hal ini,” kata Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI), I Gede Nyoman Yetna di BEI Jakarta, Jumat, 29 Maret 2019.

Dari pertemuan itu BEI sendiri memberi kesempatan kepada pihak management AISA untuk menyelesaikan persoalannya.

Pasalnya lanjut Nyoman, AISA memiliki persoalan yang lebih prioritas harus diselesaikan lebih dulu. Salah satunya masalah Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

“Ada beberapa prioritas yang disampaikan perseroan. Yang paling krusial saat ini masalah PKPU. Kedua masalah operasional dan ketiga masalah investigasi ini,” jelasnya.

Sejauh ini pihak Bursa sendiri tidak bisa memberikan sanksi terkait hal ini. Sanksi hanya bisa dikenakan atas penyajian laporan keuangan.

Disisi lain Bursa juga tidak bisa melakukan investigasi. Yang Bursa lakukan ujarnya bagaimana menggunakan data dokumen publik yang muncul saat ini, untuk kembali di konfirmasi ke pihak-pihak yang terkait saat ini.

“Dan kita minta agar hasilnya bisa dipublish nanti ke publik. Posesnya masih berjalan, Managemen sedang mempelajari. Kita kasih kesempatan kepada para pihak terkait hal itu dulu. Nanti baru kita panggil lagi,” tutupnya. (*)

Apriyani

Recent Posts

Dukung The Papandayan Jazz Fest 2024, bank bjb Siapkan Program Menabung dan Diskon untuk Dapatkan Tiketnya

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb… Read More

15 mins ago

Catat Tanggalnya! Pemerintah Tetapkan 27 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2025

Jakarta - Pemerintah menetapkan 27 hari libur nasional dan cuti bersama untuk tahun 2025, yang… Read More

52 mins ago

Perkuat Posisi di Perbankan Digital, DPK Krom Bank Tumbuh Empat Kali Lipat Tembus Rp2,2 Triliun

Jakarta - Krom Bank Indonesia (Krom Bank), anak perusahaan Kredivo Group, terus menunjukkan perkembangan positif… Read More

59 mins ago

Jokowi Resmikan Istana Negara IKN Karya WIKA KSO, Simak Kecanggihannya

Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara… Read More

1 hour ago

Pimpinan MPR Sowan ke Jokowi di Istana Merdeka, Bahas Apa?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI)… Read More

2 hours ago

Bank Sumut Berikan Edukasi Keuangan bagi Komunitas Petani Pisang di Nias

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sumatera Utara (Forkom IJK… Read More

2 hours ago