Internasional

Buntut Dituntut SEC, Binance US PHK Puluhan Pekerja

Jakarta – Binance US, anak perusahaan dari Binance Holdings melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 50 pegawai. Kebijakan ini diambil perusahaan setelah otoritas sekuritas dan bursa Amerika Serikat (AS) (SEC) menyeret Binance, Binance.US, dan pendiri Binance, Changpeng Zhao alias CZ ke pengadilan.

Dikutip Reuters Jumat (16/6/2023), seorang sumber di internal perusahaan mengkonfirmasi PHK tersebut tanpa memberikan keterangan lebih detail.

Namun, pastinya pemangkasan puluhan karyawan  berasal dari divisi hukum, compliances, dan risiko.

Beberapa hari sebelum PHK terjadi, dua pegawai Binance US mengumumkan pemberitahuan di LinkedIn  bahwa mereka akan meninggalkan posisinya di perusahaan. Mereka menyinggung faktor penyebab terjadi lantaran adanya gelombang PHK.

Baca juga: Belajar dari Kasus Binance dan Coinbase, Regulasi Kripto di RI Sudah Kuat?

Sebelumnya, dalam memo yang ditunjukan kepada karyawan pada Rabu, 14 Juni 2023 perusahaan mengatakan dewan telah meminta manajemen untuk mengecilkan ukuran tim di seluruh perusahaan, karena persiapan untuk proses litigasi yang memakan waktu bertahun-tahun dan sangat mahal.

Binance sendiri menyebut dirinya sebagai perusahaan virtual dan mengatakan tidak memiliki kantor pusat. Tempat bisnis utama Binance US adalah Miami. 

Pada Juni 2023, Binance.US mengatakan telah berhenti bekerja sama dengan mitra pembayaran dan perbankannya, memaksanya untuk beralih ke pertukaran khusus kripto.

Perlu diketahui, Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat (AS) menggugat Binance atas tuduhan penggelapan dana nasabah dan pelanggaran regulasi sekuritas serius.

SEC juga menuduh Binance telah melakukan penipuan terhadap regulator dan investor, serta terlibat dalam perdagangan manipulatif.

Baca juga: Kebijakan Kripto AS Diperketat, Bitcoin Migrasi ke Asia

CEO Binance, Changpeng Zhao, diduga telah memindahkan miliaran dolar ke perusahaan di berbagai negara, yang merupakan milik pejabat, termasuk pendiri dan kepala eksekutif Binance.

Pemindahan dana tersebut dilakukan melalui Silvergate Bank dan Signature Bank di mana keduanya telah dinyatakan gagal di awal tahun ini.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

15 mins ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

37 mins ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

2 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

2 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

2 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

3 hours ago