Nasional

BUMN Harus Agile, Dua Hal Ini Menjadi Fokus Pengembangan SDM

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong segenap karyawan perusahaan pelat merah untuk terus belajar dan beradaptasi. Dua kemampuan itu diyakini akan membuat BUMN terus tumbuh dan tetap relevan dengan perubahan.

Ketua Forum Human Capital BUMN, Agus Dwi Handaya menjelaskan, BUMN Learning Festival (BLF) menjadi salah satu cara utuk meningkatkan kemampuan belajar dan adaptasi segenap insan BUMN.

Kegiatan ini diinisasi Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Forum Human Capital BUMN. Setelah roadshow di sejumlah daerah, Puncak BUMN Learning Festival 2024 di gelar di Menara BTN, Jakarta.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dipercaya sebagai host puncak acara BUMN Learning Festival kali ini. Untuk mendorong peningkatan kualitas SDM perusahaan pelat merah, Agus menjelaskan, BLF dikemas dalam 3 metode belajar (learning methods), yakni self learning, learning roadshow, dan learning festival race. Rangkaian kegiatan yang digelar secara hybrid ini sudah dimulai sejak September 2024 lalu.

Baca juga: Dorong BUMN Jadi Super Learner, BTN Komitmen Cetak SDM Unggul

“Urusan belajar, urusan latihan adalah urusan kemampuan beradaptasi. Banyak perusahaan mati atau individu menjadi tidak relevan lagi karena tidak mampu beradaptasi,” ujar Agus ketika membuka Final Event BUMN Learning Festival di Menara BTN, Selasa, 15 Oktober 2024.

Ia melanjutkan, di era Vulnerability, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA) sekarang ini, perubahan terjadi sangat masif, kompleks, dan cepat. Maka perusahaan harus mempunyai kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat. SDM yang agile dan terus mau belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan perusahaan beradaptasi.

“Perusahaan yang bisa survive adalah yang bisa belajar dan berlatih lebih cepat dari perubahan itu sendiri, sehingga produk dan layanannya bisa tetap relevan,” ujarnya.

Sementara, Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN RI Tedi Bharata, mengatakan, BLF menjadi bagian dari komitmen Kementerian BUMN untuk meningkatkan budaya terus belajar pada setiap insan BUMN. Kementerian BUMN bahkan mendorong agar learning menjadi bagian dari budaya BUMN.

Perusahaan BUMN harus diisi oleh orang-orang yang mempunyai kompetensi dan performa bagus. Maka Kementerian juga mendorong agar belajar menjadi bagian dari key performance indicator (KPI) karyawan BUMN.

“Kami ingin learning dimasukan sebagai KPI. Bobotnya diatur saja, disesuaikan,” ujar Tedi.

Adapun Nixon LP Napitupulu, Direktur Utama BTN mengatakan, pelaksanaan BUMN Learning Festival ini menjadi komitmen untuk menciptakan SDM unggul dengan pondasi AKHLAK yang kuat. Dengan SDM yang unggul, BUMN termasuk BTN, akan mampu terus bertransformasi menjawab kebutuhan masyarakat, terutama untuk BTN dalam mendukung program pembiayaan perumahan sebagai salah satu proyek strategis nasional.

Baca juga: Kepala BPKP: BUMN Bermasalah Biasanya Tidak Pernah Datang dan Konsultasi

“SDM BTN yang unggul akan mendorong sektor perumahan. Sektor perumahan yang maju akan memberikan ripple effect bagi 185 sektor lain dan mendorong perekonomian nasional,” paparnya.

Nixon mengklaim, keberhasilan BUMN dalam 5 tahun terakhir juga tidak lepas dari value AKHLAK. Salah satunya adalah bagaimana BUMN bisa amanah dalam menjalankan fungsi melayani di berbagai sektor kehidupan di Indonesia. (*) Ari Astriawan

Galih Pratama

Recent Posts

Calon Wamen Datangi Kediaman Presiden Terpilih Prabowo

Selebriti Raffi Ahmad sambangi kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, 15 Oktober… Read More

1 hour ago

BTN Klaim Sudah Sepakati Harga Akusisi Calon Bank Syariah

Jakarta – Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), Nixon LP Napitupulu buka suara… Read More

3 hours ago

Dipanggil Prabowo, Raffi Ahmad Ahmad Blak-blakan Dapat Tugas Ini

Jakarta - Selebriti Raffi Ahmad telah berbincang-bincang dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta… Read More

3 hours ago

Media Asing Soroti Sri Mulyani yang Ditunjuk Jadi Menkeu Lagi di Kabinet Prabowo

Jakarta – Kabar masuknya Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan di kabinet Prabowo-Gibran rupanya mendapat sorotan… Read More

4 hours ago

Trio Wamenkeu Kabinet Prabowo: Thomas Djiwandono, Suahasil Nazara dan Anggito Abimanyu

Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Thomas Djiwandono turut dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto di… Read More

4 hours ago

Harga Bitcoin Sempat Tembus USD66.000, Bagaimana Pergerakannya di Pekan Ini?

Jakarta - Pasar kripto mengawali pekan ini dengan pergerakan yang positif, tercermin oleh menguatnya harga… Read More

4 hours ago