Ekonomi dan Bisnis

BUMN Business Forum 2024: Tantangan BUMN Menuju Transformasi Ekonomi

Jakarta – Anggota VII Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Slamet Edy Purnomo mengungkapkan berbagai tantangan yang dihadapi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mencapai target produktivitas dan daya saing pada periode 2025-2029. Menurutnya, ada beberapa isu krusial yang perlu diperhatikan seiring dengan strategi transformasi ekonomi yang sedang diupayakan oleh BUMN.

“BUMN dinilai masih memiliki produktivitas yang rendah, diukur dari return on asset yang hanya mencapai 3,05 persen. Target perbaikan yang ingin dicapai adalah 3,9 persen pada tahun 2029,” ungkap Slamet dalam acara BUMN Business Forum 2024 yang diadakan The Asian Post dan Infobank Media Group di Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2024.

Ia menambahkan bahwa tantangan ini harus menjadi perhatian serius, terutama dalam upaya meningkatkan kontribusi BUMN terhadap pendapatan negara yang ditargetkan untuk tahun 2030. Slamet juga menyoroti rendahnya daya saing BUMN, di mana desain untuk peningkatan daya saing belum menjadi prioritas.

“Rasio total turnover BUMN hanya 0,3 persen. Ini adalah pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan,” jelasnya.

Baca juga: Rektor IPB: BUMN Berperan sebagai Inkubator Bisnis UMKM

Lebih jauh, ia menggarisbawahi pentingnya hubungan ekosistem industri kesehatan sebagai prioritas untuk masa depan generasi muda. Kualitas dan keberlanjutan dalam pengembangan sektor ini akan menjadi kunci untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Digitalisasi juga perlu diperhatikan. Kita perlu meningkatkan jumlah BUMN yang telah beradaptasi dengan teknologi 4.0, dan memperbaiki program yang sudah ada,” lanjut Slamet.

Ia menekankan bahwa pemerintah memiliki peran vital dalam menstandarkan kualitas dan kinerja BUMN agar mampu bersaing di tingkat global. Di tengah tantangan ini, Slamet mengajak semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam menciptakan inovasi dan memperkuat posisi BUMN, termasuk dalam sektor kimia dan industri kreatif.

“Kita perlu juga melakukan ekspor untuk memanfaatkan potensi BUMN demi profitabilitas nasional. Ini adalah kunci untuk mencapai kemajuan ekonomi yang berkelanjutan,” pungkasnya. (*) Alfi Salima Puteri

Yulian Saputra

Recent Posts

Menko Airlangga Pede IHSG Tembus 8.000 di Tahun Ini

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis Indeks Harga Gabungan Saham (IHSG) akan… Read More

6 mins ago

Tunjangan Kinerja Pegawai Kemenko Perekonomian dan Kemenhub Disetujui Naik

Jakarta – Tunjangan kinerja (tukin) untuk pegawai Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan naik 100 persen.… Read More

24 mins ago

BEI Bidik 100 Pengguna Jasa Karbon di Akhir 2024

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) menambahkan jumlah pengguna jasa karbon pada akhir tahun 2024.… Read More

38 mins ago

Turun 0,26 Persen, IHSG Kembali Ditutup Melemah ke Level 7.543

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (3/10) kembali ditutup pada zona… Read More

58 mins ago

Ditanya Kapan Spin Off, Begini Jawaban Direktur Perbankan Syariah Maybank Indonesia

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) diwajibkan melakukan pemisahan unit atau spin off dari induknya,… Read More

2 hours ago

Rektor IPB: BUMN Berperan sebagai Inkubator Bisnis UMKM

Jakarta - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria mengungkapkan peran krusial perusahaan BUMN dalam… Read More

3 hours ago