Perbankan

BTPN Syariah Tebar Dividen Rp540,4 Miliar atau Rp70,15 per Saham

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT BTPN Syariah menyetujui pembagian dividen tunai untuk tahun buku 2023 senilai Rp540,40 miliar atau Rp70,15 per lembar saham kepada pemegang saham.

Besaran dividen tersebut setara dengan 50 persen dari laba bersih kinerja tahun 2023 BTPN Syariah sebesar Rp1,08 triliun.

RUPST BTPN Syariah juga menyetujui laba ditahan sebesar Rp520,10 miliar untuk menunjang bisnis bank ke depan. 

Baca juga: RUPST OCBC Indonesia Sepakat Tebar Dividen Rp1,65 Triliun, 40 Persen dari Laba 2023

Direktur Kepatuhan merangkap Corporate Secretary Perusahaan Arief Ismail mengatakan, pembagian dividen dilakukan sebagai bentuk komitmen BTPN Syariah terhadap seluruh pemangku kepentingan (stakeholders), khususnya investor. 

“Bank juga senantiasa loyal memberdayakan masyarakat inklusi di berbagai pelosok Indonesia demi memberikan kesempatan tumbuh bersama dan membuat segmen ultra mikro memiliki hidup yang lebih berarti,” katanya, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu, 20 Maret 2024.

Sementara dari sisi kinerja, BTPN Syariah berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,08 triliun dan mampu menyalurkan pembiayaan untuk masyarakat inklusi sebesar Rp11,38 triliun sepanjang 2023.

Adapun rasio keuangan bank juga tercatat sehat dan kuat, seperti Return on Asset (RoA) 6,3 persen dan rasio kecukupan modal (CAR) 51,6 persen. 

Berdayakan Masyarakat Inklusi

Berbagai upaya dilakukan BPTN Syariah dalam memberikan pendampingan lebih intensif kepada nasabah sebagai bentuk komitmen dalam memberdayakan masyarakat inklusi.

Baca juga: RUPST Bank Mandiri Setujui Dividen Rp33.03 T

Salah satunya, melibatkan lebih banyak generasi muda dalam mendampingi segmen ultra mikro melalui program Bestee (Berdaya Bersama Sahabat Tepat Indonesia) yang bekerja sama dengan Kampus Merdeka. 

Saat ini, sudah lebih dari 49 ribu ibu-ibu nasabah yang mendapatkan pendampingan dari 1.821 fasilitator dalam memajukan usahanya di lebih dari 827 kecamatan di Indonesia. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

5 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

5 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

5 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

6 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

7 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

8 hours ago