Perbankan

BTN Tawarkan Solusi untuk Rumah Pertama bagi Gen Z

Jakarta – Di tengah ekonomi sulit, harga rumah pun kian melejit. Gen Z yang hendak membeli rumah lebih memilih mengambil cicilan dengan tenor panjang, yakni di atas 20 tahun.

Hal ini tercermin dari riset Inventure 2024, di mana preferensi tenor cicilan rumah dengan durasi 15-20 tahun di angka 54 persen, dan 20-30 tahun di angka 36 persen. 

Hal ini berbanding terbalik dengan durasi di bawah 15 tahun yang memiliki angka yang relatif lebih rendah, yaitu 10 persen. Di tengah tren ini, BTN merespons kondisi dengan memberikan layanan solutif kepada Gen Z.

Baca juga : BTN Klaim Sudah Sepakati Harga Akuisisi Calon Bank Syariah

“Di BTN, kami melihat umur yang mengajukan kredit KPR, ada juga dari kalangan Gen Z. Bagi kami, hal terpenting adalah bagaimana menawarkan solusi atas keterbatasan dalam memiliki rumah pertama,” kata Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business Bank BTN dalam Indonesia Industry Outlook 2025 dengan tema Indonesia Market Outlook 2025: Kelas Menengah Hancur, Masihkah Bisnis Mantul? yang digelar pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Baca juga : Selain Penghapusan PPN dan BPHTB, Bos BTN Usulkan Ini Agar Masyarakat Lebih Mudah Beli Rumah

Menurutnya, BTN mempunyai beberapa produk yang cocok dengan Gen Z, “Misal tenor yang panjang, kita mampu mengakomodir, sampai di angka 25 tahun. Ini kita lakukan dengan melihat customer needs, termasuk Gen Z,” kata Thomas.

Segmen Gen Z adalah pasar masa depan. Perubahan demografi nasabah ini pula yang berusaha direspon oleh BTN. Perusahaan ini melakukan banyak inovasi untuk tetap relevan di era digital.

“Kita punya online onboarding untuk beli rumah. Dari discovery sampai pengajuan kreditnya sudah online. Sekarang di atas 10 persen sudah online. Semua dokumennya online. Maka dari itu, kita (BTN) beyond mortgage, tidak cuma rumah, tapi masuk ke ekosistem perumahan,” pungkasnya.

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

IMI Bersama IFG, JRP Insurance dan Wuling Dorong Pengguna Asuransi TPL

Jakarta - Ikatan Motor Indonesia (IMI) pada hari ini, 24 Oktober 2024 melakukan kerja sama… Read More

12 mins ago

TUGU Jadi Asuransi Umum dengan Likuiditas Paling Solid, Ini Buktinya

Jakarta - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance/TUGU) tercatat sebagai perusahaan asuransi umum… Read More

49 mins ago

Rencana Pemutihan Utang, CIMB Minta Komunikasi: Cegah Moral Hazard!

Bogor – Presiden RI Prabowo Subianto bakal menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai pemutihan utang bagi… Read More

1 hour ago

BI Resmi Perpanjang DP 0 Persen Kendaraan Bermotor: Beli Mobil Sekarang, Bayar Nanti!

Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperpanjang kebijakan pelonggaran makroprudensial yakni ketentuan uang muka kredit atau pembiayaan… Read More

3 hours ago

Transisi Energi, Pertamina Tetap Layani BBM

Jakarta – Transisi energi dari bahan bakar fosil ke listrik atau bahan bakar berkelanjutan masih… Read More

3 hours ago

Bukan Lansia, 62 Persen Lebih Kasus Fraud Menimpa Generasi U-40!

Bali - Roger Kuo selaku Chief Executive Officer (CEO) salah satu perusahaan penyedia solusi keamanan… Read More

4 hours ago