BTN Siap Raih “The Best Mortgage Bank” di Asia Tenggara Tahun 2025

BTN Siap Raih “The Best Mortgage Bank” di Asia Tenggara Tahun 2025

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, (BTN) memiliki visi besar di bawah kepemimpinan Haru Koesumahargyo. Salah satunya adalah menjadi the best mortgage bank di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Bukan hal mustahil. Sebab, saat ini saja Bank Tabungan Negara (BTN) sudah menjadi yang terbesar di Indonesia di segmen pembiayaan perumahan. Bahkan, BTN menguasai pangsa 90% KPR subsidi di Indonesia.

Apalagi, indikator kinerja keuangan BTN terus membaik. Haru bersama jajaran manajemen berhasil menekan cost of fund, problem fundamental di BTN, sehingga pembiayaan perumahan semakin terjangkau.

“Dalam catatan Biro Riset Infobank, ini rekor BTN sejak 40 tahun terakhir. Pak Haru semasa di BRI juga berhasil menekan cost of fund,” ujar Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Institute dalam kunjungan virtual  BTN ke Infobank, Kamis, 16 September 2021.

Pembiayaan perumahan yang murah adalah salah satu strategi Haru dalam meraih target besar di 2025 itu. Cost of fund yang rendah ada pijakan awalnya.

“BTN juga memperbesar porsi pembiayaan perumahan dengan tenor jangka panjang 20 tahun, long term, agar lebih terjangkau oleh masyakat banyak,” ujar Haru di kesempatan yang sama.

Untuk meng-grab nasabah milenial, BTN tak ketinggalan turut membiayai pembangunan tower-tower untuk milenial, khususnya di Jakarta, seperti di Tanjung Barat dan Kemayoran.

“Di BSD juga ada, tapi langsung akses ke pintu tol, sehingga lebih memudahkan mobilitas penghuninya,” ungkapnya.

Karakter tower untuk milenial yang dibangun BTN menitikberatkan pada faktor fungsional. Hal ini untuk menekan biaya sehingga unit apartemen lebih terjangka.

“Dengan begitu kita bisa membangun apartemen murah di bawah Rp1 miliar,” katanya.

Selain itu, langkah lain yang dilakukan BTN antara lain penyempurnaan brand operating model, kemitraan organik, memperluas real estate value chain, mengembangkan solusi keuangan lengkap, dan transformasi digital.

“Yang tak kalah penting adalah dukungan seluruh stakeholder, sehingga program yang kita rencanakan bisa berjalan dengan baik,” ucap Haru.

Dalam kunjungan ke Infobank, Haru yang dipercaya pemerintah sebagai Direktur Utama BTN sejak Maret 2021, didampingi oleh Andi Nirwoto, Direktur Operation, IT, dan Digital Banking; Setiyo Wibowo, Direktur Risk Management dan Transformasi; dan Dody Agoeng, Head of PR. (*) Darto Wiryosukarto

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]