BTN dan UPN Tingkatkan Sinergi, Kerjasama Pendidikan dan Pembiayaan Rumah

BTN dan UPN Tingkatkan Sinergi, Kerjasama Pendidikan dan Pembiayaan Rumah

BTN dan UPN Tingkatkan Sinergi, Kerjasama Pendidikan dan Pembiayaan Rumah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, (BTN) terus meningkatkan kemitraannya dengan berbagai instansi dan lembaga, diantaranya institusi pendidikan. Kali ini, Bank BTN menjalin sinergi dengan UPN Veteran Jakarta. Kemitraan yang dijalin Bank BTN merupakan kemitraan strategis tidak hanya untuk pengembangan bisnis perseroan namun juga misi edukasi untuk civitas akademika.

Penandatanganan MoU dan PKS ini merupakan bentuk komitmen dari Bank BTN untuk meningkatkan kapasitas operasional mitra Bank BTN salah satunya dalam bidang pendidikan serta mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi serta implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang sejalan dengan arahan dan prioritas dari Menteri BUMN.

“Ini untuk mendukung peningkatan generasi muda unggul melalui pendidikan,” ujar Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo, Rabu, 20 Juli 2022.

Haru memaparkan, dalam penandatanganan kerjasama tersebut, Bank BTN tidak hanya memberikan dukungan layanan perbankan BTN Solusi namun juga akan memberikan dukungan kepada UPN Veteran Jakarta dalam pengembangan sumber daya manusia serta pengembangan sistem informasi tata kelola pendidikan, antara lain pemanfaatan produk dan layanan jasa perbankan melalui sistem teknologi transaksi keuangan, penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat, penyelenggaraan Program Kampus Merdeka, penyelenggaraan Kuliah Umum bagi Mahasiswa/Mahasiswi Perguruan Tinggi dan lain sebagainya.

Haru menegaskan, sebagai Bank yang fokus pada pembiayaan perumahan dan menjadi  mitra Pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan di Indonesia yang saat ini mencapai 12,75 juta, maka Bank BTN perlu menggandeng stakeholder untuk meningkatkan akses pembiayaan perumahan bagi masyarakat khususnya generasi millenial maupun generasi Z.

Dengan demikian, Hari menambahkan,  perlunya dukungan seluruh stakeholder untuk meningkatkan akses pembiayaan perumahan bagi masyarakat, khususnya generasi milenial maupun generasi Z yang mendominasi populasi di Indonesia. Terkait hal tersebut, Haru menilai Bank BTN dan UPNVJ memiliki kesamaan kepedulian pada generasi muda. Bila UPNVJ fokus pada kualitas pendidikan generasi muda, BTN fokus agar generasi milenial dapat memiliki rumah yang layak.

“Rumah adalah pusat pendidikan sejak dini. Rumah yang layak, dengan akses air, listrik, sanitasi, transportasi dan fasilitas yang memadai akan mendukung proses pendidikan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UPNVJ Prof Dr Erna Hernawati menyampaikan harapan besar UPN Veteran Jakarta terhadap kerjasama dengan Bank BTN. “Kami memiliki harapan besar terhadap kerja sama ini. Potensi dan pengalaman BTN di bidang perbankan sangat bermanfaat dan diperlukan oleh UPN Veteran Jakarta,” katanya.

Menurutnya, BTN bukan bank baru dan lebih dikenal daripada bank lain, terutama dalam hal layanan pembiayaan perumahan. BTN memiliki kontribusi besar terutama dalam membantu pembiayaan perumahan bagi para pegawai negeri sipil. Ia menilai, sebagai sebuah institusi perbankan, BTN merupakan tempat bagi para praktisi yang memiliki kompeten.

Dia berharap para praktisi yang berkompeten di bidangnya dapat berkontribusi dengan membagikan pengalaman dan kompetensinya kepada para mahasiswa UPNVJ. “Tentu tidak hanya praktisi di bidang perbankan saja, tetapi juga bisa dari bidang HRD, kesehatan, dan lain-lain. Jadi praktisi dari BTN tidak hanya akan mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” tutup dia. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]