Perbankan

BSI Siapkan Uang Tunai Rp37,6 Triliun di Libur Idulfitri

Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap memfasilitasi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat sebanyak Rp37,6 triliun atau meningkat 26,2% untuk kebutuhan masyarakat yang diproyeksikan mengalami kenaikan menjelang libur Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Wakil Direktur Utama BSI, Bob Tyasika Ananta mengatakan, bahwa saat ini BSI terus memastikan ketersediaan dana tunai demi memenuhi kebutuhan masyarakat pada periode libur Ramadhan dan Lebaran mendatang.

“Jumlah pemudik pada Idul Fitri tahun ini diperkirakan mencapai lebih dari 120 juta orang, untuk mendukung kelancaran dan kemudahan masyarakat yang akan merayakan lebaran di kampung halaman, kami terus memastikan seluruh layanan BSI dapat beroperasi dengan baik,” ucap Bob dalam Literasi dan Keuangan BSI Jelang Idul Fitri di Jakarta, 4 April 2023.

Lebih lanjut, Bob merinci bahwa alokasi uang tunai tersebut akan disebar kepada operasional cabang sebesar Rp30,3 triliun dan untuk kebutuhan ATM sebanyak Rp7,3 triliun.

“Nasabah dapat melakukan transaksi tarik tunai, transfer antar cabang, juga pembayaran bulanan melalui jaringan elektronik BSI yang meliputi 2.552 unit ATM, yang terhubung ke dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, hingga Electronic Data Capture (EDC) yang tersebar di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Selama periode libur Idul Fitri 1444 H, BSI juga menyiapkan 236 kantor cabang yang akan beroperasi secara terbatas pada periode 19-25 April 2023 di berbagai wilayah Indonesia.

Kantor yang akan dibuka operasionalnya pada periode tersebut dapat melayani transaksi nasabah antara lain tarik atau setor tunai, pemindahbukuan, handling complaint, transaksi mitra bayar (al. Taspen, Asabri, Pajak).

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada Kantor Cabang Utama, khususnya di lokasi publik,” ujar Bob.

Adapun, BSI juga menyediakan layanan penukaran uang baru kepada nasabah di 32 lokasi kas keliling di berbagai wilayah, seperti dihalaman kantor Bank Indonesia (BI), Masjid, Pelabuhan, Rest Area, Mall, Pasar.

Selain itu, layanan penukaran uang tunai ini juga terdapat di 74 lokasi cabang BSI dengan jadwal penukaran yang disesuaikan dengan ketetapan BI pada masing-masing daerah. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

10 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

11 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

11 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

11 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

12 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

13 hours ago