Politic

BRIN Nilai Ganjar Pranowo Sosok Capres Ideal Kalangan Milenial

Jakarta – Bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dinilai memiliki pengalaman yang dapat diandalkan memimpin Indonesia di masa mendatang. Banyak kalangan milenial yang menempatkan gubernur Jawa Tengah ini sebagai capres ideal.

Demikian disampaikan Moch Nurhasim, Direktur Politik dan Hankam Badan Riset dan Inovasi (BRIN) dalam acara suvei nasional Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bertajuk ‘Capres Pilihan Millenial Kampus’ di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dia menilai, Ganjar adalah salah satu tokoh milenial yang memiliki potensi pengalaman politik yang luar biasa. Di parlemen, Ganjar pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sedangkan dari sisi eksekutif, Ganjar menjadi gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

“Kalau dari kalangan anak muda, beliau (Ganjar) juga punya inspirasi sebagai salah satu tokoh milenial yang punya potensi pengalaman politik dan menjabat gubernur. Jadi dari sisi pengalaman, Pak Ganjar bisa diandalkan juga di parlemen dan eksekutif yang sudah banyak dilakukan,” kata Nurhasim dikutip Senin, 17 Juli 2023.

Baca juga: Megawati Bakal Umumkan Cawapres Ganjar pada September, Ini Bocorannya

Bahkan, Nurhasim melihat, Ganjar memiliki karakter yang mirip dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena dianggap sebagian masyarakat memiliki karakter yang low profile. Alhasil, gayanya dinilai lebih merakyat.

“Pak Ganjar saya lihat meniru model karakter Pak Jokowi meski tidak sama. Pak Ganjar orangnya tidak terlalu banyak bicara yang terlalu tinggi, bahasanya juga diukur dengan komunikasi bisa dipahami masyarakat kecil,” jelas Nurhasim.

Hasil Survei LPI Ganjar Pranowo

Mengenai hasil survei LPI, menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo merupakan capres yang ideal versi milenial kampus.

Berdasarkan sejumlah indikator yang diukur, mulai dari rekam jejak, integritas, kompetensi, skill, leadership, nasionalisme, dan keselarasan dengan leadership Presiden Jokowi, Ganjar dinilai lebih unggul dibanding dengan capres lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Dari semua indikator tersebut, Ganjar unggul dengan angka 36,18%. Sedangkan Prabowo Subianto mendapatkan nilai 33,75% dan Anies Baswedan mendapatkann nilai 30,07%.

Dari sisi aspek rekam jejak, Ganjar lebih unggul 37,44%. Kemudian, disusul Prabowo Subianto dengan 34,38% dan Anies 28,18%.

Pun demikian dari sisi integritas. Ganjar mendapatkan nilai 36,27%. Kemudian, disusul Prabowo Subianto dengan 33,93% dan Anies 29,80%.

Survei LPI sendiri dilakukan pada 5 sampai 11 Juli 2023 yang bertujuan menggali pandangan milenial kampus tentang calon presiden ideal. 

Milenial kampus dalam suvei ini adalah kelompok anak muda yang berpendidikan tinggi (D3, S1, S2, S3) memiliki rentang usia dari 27 – 42 tahun.

Baca juga: Dua Sosok Ini Punya Kans jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Mereka secara sadar dan aktif mengamati isu nasional dan memiliki pandangan mandiri terhadap isu-isu politik yang terjadi menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Adapun populasi survei ini adalah para milenial kampus seperti mahasiswa S2 dan S3, peneliti, dosen, akademisi, dan para civitas akademika kampus. 

Sementara, teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah cluster sampling. Di mana subjek yang ditunjuk sebagai sampel adalah berdasarkan berdasarkan pengelompokkan milenial dari setiap kampus di kota atau provinsi. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

11 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

12 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

12 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

12 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

13 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

14 hours ago