BRI Tegaskan Komitmen Dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

BRI Tegaskan Komitmen Dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

BRI Tegaskan Komitmen Dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – BRI sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia terus berkomitmen dan ikut ambil bagian dalam menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Hal ini tercermin dalam berbagai penyaluran bantuan BRI kepada dan disalurkan di berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satunya, BRI ikut ambil bagian dalam program “Program Kolaborasi TJSL BUMN di Provinsi Banten” yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN untuk penyaluran bantuan TJSL di wilayah Provinsi Banten.

Dalam acara penyerahan bantuan TJSL secara simbolis pada Sabtu, 12 Maret 2022, Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan terdapat 49 (empat puluh sembilan) BUMN ikut ambil bagian dalam program ini.

Erick merinci Program Kolaborasi TJSL BUMN ini dibagi menjadi 3 (tiga) jenis dukungan. Pertama adalah pembangunan 3 jembatan penyebrangan orang untuk membantu akses mobilitas masyarakat Lebak, Pandeglang, Tangerang dan Serang dalam menyebrangi sungai.

“Bantuan ini selain sebagai sarana umum yang memudahkan masyarakat dalam mobilitas, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Banten karena aktivitas lebih lancar dan memudahkan anak-anak di Banten untuk menyebrang menuju sekolah,” ujarnya.

Kedua, bantuan 48.000 seragam sekolah bagi pelajar di tiga jenjang Pendidikan yaitu SD, SMP dan SMA. Dalam penyaluran seragam sekolah ini, dimana BRI ditunjuk sebagai penanggung jawabnya. Diharapkan dengan bantuan seragam ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Banten.

Ketiga adalah bantuan laptop/komputer dan proyektor untuk 276 lembaga Pendidikan. Diharapkan bantuan tersebut dapat menunjang peningkatan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan yang mendapat bantuan.

Terkait keterlibatannya dalam Program Kolaborasi TJSL BUMN, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani yang menghadiri penyerahan bantuan pendidikan berupa seragam sekolah tersebut mengatakan, bahwa hal ini adalah bentuk komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan hal ini merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan. 

Selain berkolaborasi dalam Program TJSL Kementerian BUMN, BRI sebelumnya telah menyalurkan berbagai bantuan bagi masyarakat Banten seperti bantuan korban kebakaran bagi masyarakat Baduy, bantuan pembangunan jembatan di Cikupa, renovasi Pondok Pesantren Al Quraniyah, bantuan tanggap bencana gempa Pandeglang, penyaluran bantuan bencana banjir Banten serta penyaluran sembako.
“Ini adalah upaya konkret dari kami dalam menciptakan nilai sosial bagi masyarakat. Tentunya kami mengapresiasi langkah Kementerian BUMN ini dengan dukungan nyata serta upaya yang berkelanjutan. Diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat lebih dari kehadiran BUMN melalui Program Kolaborasi TJSL ini. Khususnya bagi BRI ini upaya mendukung SDG’s nomor 4 dalam peningkatan kualitas pendidikan,” ujarnya menegaskan.

Program berkesinambungan ini akan terus diapresiasi BRI melalui partisipasi aktif bantuan dari BRI yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di daerah yang menjadi sasaran penyaluran TJSL.

BRI sendiri, lanjut Handayani, selain fokus menjalankan bisnis dan operasional bank, perseroan juga bertekad untuk terus berperan aktif dan menjadi terdepan dalam tanggung jawab sosial di masyarakat. Peran BRI dalam program BRI Peduli secara nyata mengedepankan kontribusi terhadap kepedulian kepada masyarakat dan lingkungan.

“Program BRI Peduli dilakukan berdasarkan tiga hal keberpihakan yakni 3P, pro planet, pro people dan pro profit. Nilai-nilai ini yang kami ingin terus dorong ke dalam semua jajaran BRI, sejalan dengan semangat kami untuk terus Memberi Makna Indonesia,” tutup Handayani. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]