News Update

BRI Gandeng Platform Online Salurkan KUR Digital

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus membuat terobosan baru dalam kaitannya mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi COVID-19. Yang terbaru, Bank BRI sebagai salah satu enabler di industri digital Indonesia bekerja sama dengan ekosistem platform e-commerce dan ride-hailing untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengungkapkan inisatif ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyukseskan gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (14/05). Ia menambahkan di tahap pertama, BRI bekerja sama dengan Shopee & Grab untuk menyalurkan KUR kepada merchant UMKM secara digital. “Tahap selanjutnya, BRI akan bekerja sama juga dengan Tokopedia dan Gojek yang dimana saat ini di tahap finalisasi kerjasama,” imbuhnya melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat 15 Mei 2020.

Inisiatif ini disambut baik oleh platform digital yang bekerjasama dengan Bank BRI. “Kami percaya penggunaan teknologi akan membawa dampak positif dan selalu berinovasi untuk menemukan cara lain dapat membantu mitra kami dalam menghadapi situasi pandemi saat ini,” jelas Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Christin Djuarto, Direktur Shopee Indonesia menambahkan, sebagai wujud nyata dukungan kami terhadap imbauan stimulus penanganan COVID-19 di platform e-commerce yang diinisiasi pemerintah, kerja sama antara Shopee dan BRI diharapkan dapat menjadi solusi pembiayaan UMKM yang dapat bantu meringankan para mitra penjual di tengah keadaan yang sulit ini.

“Kerja sama ini merupakan langkah lanjutan yang Shopee tempuh setelah sebelumnya merilis program stimulus Dukungan COVID-19 100M Shopee untuk para pelaku UMKM di platform kami. Namun kami yakin untuk dapat menjaga perekonomian Indonesia tetap berputar, diperlukan sinergi berkelanjutan dari pemerintah dan pihak swasta. Oleh karenanya, kami akan terus berupaya untuk terus menyediakan program yang dapat membantu sektor UMKM yang terkena dampak paling berat di tengah situasi pandemi,” katanya.

Dengan KUR Digital BRI, merchant UMKM dapat dengan mudah mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id. Sunarso menyebut, inisiatif ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR yang dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi. Hingga akhir April 2020 Bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp43,2 triliun kepada 1,5 juta debitur di seluruh Indonesia. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Pinhome Buka Jalan di Pasar Properti IKN, Berikut Sasarannya

Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) kini menjadi salah satu pusat perhatian. Pembangunan yang terus… Read More

2 hours ago

Penurunan Suku Bunga Diprediksi Berdampak Positif bagi KPR

Jakarta - Tren penurunan suku bunga yang terjadi akhir-akhir ini disambut baik oleh berbagai kalangan,… Read More

3 hours ago

Moratorium Fintech Lending Belum Dibuka, Begini Tanggapan AFTECH

Jakarta - Sejak awal 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan moratorium atau penutupan perizinan untuk… Read More

3 hours ago

Istana Pastikan Jokowi Hadir di Acara Pelantikan Prabowo-Gibran

Jakarta - Istana memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai… Read More

5 hours ago

BTN Sabet Penghargaan Annual Report Award (ARA) 2023

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu memegang piala Annual Report Award (ARA) 2023 yang diraih… Read More

5 hours ago

Jokowi: Hilirisasi dan Digitalisasi jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, sikap optimisme diperlukan dalam rangka mencapai target peningkatan… Read More

5 hours ago