News Update

BRI Dukung Program Peremajaan Sawit Rakyat Lewat KUR

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI turut mendukung program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dan Launching Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan skema khusus untuk Peremajaan Perkebunan.

Pogram pemerintah yang efektif berlaku mulai tanggal 1 Januari 2018 itu atas kerjasama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP Kelapa Sawit) Bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), serta Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota di Sumatera Utara

Adapun dukungan nyata yang dilakukan BRI antara lain memberikan komitmennya untuk membantu mempercepat penyaluran dana PSR dan pembiayaan KUR khusus peremajaan kebun kelapa sawit.

“Pembiayaan peremajaan kebun kelapa sawit yang difasilitasi oleh Bank BRI tersebut adalah untuk melengkapi kekurangan biaya peremajaan pekebun, dimana sebagian dana yang diberikan bersumber dari dana hibah BPDP Kelapa Sawit sebesar Rp25 juta per hektar,” ujar Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarso di Jakarta, Senin, 27 November 2017.

Bukti nyata komitmen Bank BRI dapat dilihat dari upaya Unit Kerjanya di wilayah Sumatera Utara, yang melakukan sosialisasi mengenai PSR dan KUR khusus peremajaan kebun kelapa sawit di 12 Kabupaten dengan potensi luas lahan sebesar 9.109,29 Ha.

Dana PSR dari BPDP Kelapa Sawit akan diberikan bersama dengan tabungan pekebun dan/atau dana pembiayaan peremajaan yang difasilitasi oleh Bank.

Dana pembiayaan peremajaan tersebut dapat berupa Pinjaman/Kredit Komersial maupun KUR khusus peremajaan kebun kelapa sawit.

Saat ini terdapat 42 orang petani anggota dari Gapoktan Amanah di wilayah Serdang Bedagai dengan luas 53,55 Ha dan 79 orang petani anggota Gapoktan Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera (AJMS) di wilayah Labuhan Batu Selatan dengan luas lahan 157,136 Ha yang telah mendapatkan dukungan dana PSR dari BPDP Kelapa Sawit dan pembiayaan peremajaan dari Bank BRI.

Sebelumnya Bank BRI bersama dengan BPDP Kelapa Sawit telah menandatangani kesepakatan bersama mengenai pengelolaan dana dan pengembangan kelapa sawit Indonesia.

Dalam lingkup kerja sama ini, BRI menyediakan layanan dan jasa perbankan yang terintegrasi, menyeluruh, dan real time online berupa simpanan, pinjaman dan jasa perbankan lainnya serta pengelolaan data hingga informasi dalam menghimpun, mengadministrasikan, mengelola, menyimpan, dan menyalurkan dana yang bersumber dari pungutan ekspor sawit atau sumber lainnya melalui jaringan kerja dan e-Channel BRI hingga ke pelosok Indonesia.
(*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Di Tengah Tantangan Pasar Perumahan, SMF Bidik Laba Bersih Rp472 Miliar di Akhir 2024

Lampung - Di tengah kondisi pasar primer perumahan yang masih menantang, PT Sarana Multigriya Finansial… Read More

42 mins ago

Pertahanan 3 Lapis dalam Pengelolaan UMKM

Oleh Babay Parid Wazdi, Dirut Bank Sumut dan Pemerhati UMKM DI zaman sekarang ini, ada… Read More

2 hours ago

Ingat Pesan Prof Soemitro Djojohadikusumo Soal Dana Pembangunan yang Bocor 30 Persen

Oleh Karnoto Mohamad, Wakil Pemimpin Redaksi Infobank PRESIDEN Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20… Read More

2 hours ago

IHSG Rawan Terkoreksi, Intip Rekomendasi Saham Hari Ini

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

2 hours ago

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

17 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

19 hours ago