Moneter dan Fiskal

BPS Catat Harga Beras Masih Melambung, Ini Rinciannya

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras di penggilingan mengalami kenaikan pada April 2023 sebesar 18,89% secara tahunan (yoy). Sedangkan, beras eceran naik sebesar 11,34% yoy.

“Dengan demikian, secara bulanan kenaikan harga beras tertinggi terjadi di tingkat eceran, dan secara tahunan terjadi di tingkat penggilingan,” kata Kepala BPS, Margo Yuwono, Selasa, 2 Mei 2023. 

Margo merinci, secara bulanan, harga beras eceran ini naik 0,48% dibandingkan Maret 2023. Sementara di tingkat penggilingan, komoditas beras mengalami penurunan sebesar 0,14% secara bulanan (mtm).

Sementara itu, di tingkat grosir, harga beras juga terpantau naik sebesar 0,42% secara bulanan dan secara tahunan naik sebesar 15,66% pada April 2023.

Baca juga: Inflasi Idulfitri 2023 Lebih Rendah Dibanding Tahun Lalu, Ini Faktornya

Selain itu, BPS juga mengumumkan kenaikan harga gabah pada April 2023. Harga gabah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Data BPS menunjukkan, harga gabah kering panen (GKP) naik 2,40% secara bulanan dan naik 23,62% secara tahunan.

Kemudian, harga gabah kering giling (GKG) juga naik sebesar 0,90% secara bulanan. Sedangkan secara tahunan, harga GKG naik sebesar 20,32%. 

Seperti diketahui, BPS mencatat inflasi pada April 2023 sebesar 0,33%. Komoditas beras menjadi salah satu penyumbang inflasi dengan andil 0,02%. Namun, kelompok penyumbang inflasi bulanan terbesar adalah transportasi dengan inflasi sebesar 0,84% dengan andil terhadap inflasi 0,11%.

Selain itu, berdasarkan komoditas, yang memberikan penyumbang inflasi terbesar pada April 2023 adalah angkutan udara yang memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,06%. Diikuti angkutan antar kota dengan andil 0,03%, emas perhiasan dengan andil 0,02%. Kemudian, daging ayam ras, beras, dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,02%. (*)

Irawati

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

6 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

8 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

9 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

9 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

10 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

23 hours ago