BP Tapera Hadirkan Layanan Cek Saldo Bagi Peserta

BP Tapera Hadirkan Layanan Cek Saldo Bagi Peserta

BP Tapera Hadirkan Layanan Cek Saldo Bagi Peserta
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menghadirkan layanan cek saldo bagi para Peserta Tapera. Dengan layanan ini, PNS berstatus aktif pada Agustus 2020 sudah dapat mengakses cek saldo tabungannya melalui portal kepesertaan Sitara di situs peserta.tapera.go.id.

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto menjelaskan, bahwa langkah ini merupakan wujud komitmen BP Tapera kepada para peserta dan juga calon peserta nantinya. Dengan kemudahan layanan pengecekan saldo, dana peserta yang dikelola BP Tapera dapat dilihat secara transparan oleh peserta setiap saat.

“Mulai sekarang, saya mempersilakan peserta untuk segera melakukan cek saldo sekaligus melakukan update data kepesertaannya. Pemutakhiran data ini sangat penting bagi peserta untuk menentukan prinsip pengelolaan dana konvensional atau syariah, minat pembiayaan, dan juga rekening bank untuk pencairan tabungan saat pensiun kelak,” ujar Adi secara virtual, Selasa 3 Agustus 2021.

Kemudian, BP Tapera juga bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dalam pengelolaan dana peserta agar aman dan transparan. Dalam kerja sama ini, BRI berperan sebagai bank kustodian dan KSEI melakukan pengadministrasian atas dana peserta secara individual. Ke depan, KSEI akan menyediakan layanan informasi dana peserta melalui aplikasi AKSes.

Dana Tapera dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk pembiayaan perumahan dan dikembalikan sebagai tabungan pada saat pensiun. Bagi peserta yang memanfaatkan pembiayaan perumahan harus memenuhi persyaratan penghasilan maksimum Rp8 juta/bulan, belum pernah memperoleh pembiayaan perumahan baik melalui Bapertarum ataupun program pembiayaan perumahan lainnya dari pemerintah.

Untuk memberikan kemudahan bagi peserta yang telah pensiun, Dana simpanan dan imbal hasilnya akan dikembalikan secara otomatis ke rekening bank milik peserta yang terdaftar di portal kepesertaan BP Tapera. Bagi Peserta Tapera yang ingin mengetahui informasi lengkap mengenai tata cara cek saldo dan perhitungannya bisa mengunjungi situs resmi BP Tapera. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]