News Update

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan) yang akan dimulai pada 2025. 

“Konsep Nusantara Financial Center ini tidak persis sama dengan aktivitas keuangan yang dilakukan selama ini,” katanya dalam acara Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (Like It), di Pentacity & E-Walk Mall Banjarmasin, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Ia mengatakan, pelaksanaan konsep final IKN Financial Center ini masih menunggu putusan dari pemerintah terkait model bisnis yang disediakan dari produk jasa keuangan.

“Tapi tidak sama dengan di tempat lain karena bertujuan untuk memberikan fasilitas bagi terlaksananya suatu proses aktivitas keuangan yang melengkapi dari yang sudah ada,” jelasnya.

Menurutnya, beberapa gagasan tengah di-finalisasi. OJK sebagai regulator dan otoritas di sektor jasa keuangan siap untuk menjadi pengawas dari aktivitas tersebut.

Baca juga : Bos OJK Komitmen Dukung Pembangunan Financial Center di IKN

“Tetapi kami tidak mau mendahului mengenai bentuk aktivitasnya. Beberapa model bisnis dan kegiatan aktivitas yang mungkin akhirnya dosetujui mungkin sudah dibahas lebih lanjut,” paparnya.

Sementara, Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Achmad Jaka Santos Adiwijaya menekankan, pembangunan IKN sendiri dilakukan secara bertahap.

“Dimulai dari pembangunan infrastruktur. Kita sudah melakukan ground breaking itu investornya dari para pegiat aktivitas di bidang finansial untuk memulai pembangunan kantornya,” jelasnya. 

Terkait ekosistem yang dibuat berbeda dibuat di negara lain, ia menilai hal tersebut dikerjakan dengan konsep matang serta disusun bersama-sama melalui berbagai stakeholder.

“Dan itu memerlukan tahapan yang lebih panjang, banyak alternatif, banyak model yang bisa dilakukan,” pungkasnya.

Baca juga : Soal Pemindahan IKN, Jokowi: Perlu Kesiapan Total

Sebelumnya, OJK dan sejumlah bank pelat merah telah melakukan ground breaking di kawasan inti pemerintahan IKN yang dimulai dari Bank Mandiri, BNI, BPD Kaltimtara, dan BPJS Kesehatan.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan Bank Kaltimtara tidak hanya merupakan langkah penting dalam memajukan sektor keuangan di Kalimantan tetapi juga bagian dari visi lebih luas untuk transformasi ekonomi Indonesia.

“Memang kita konsepkan bahwa di sini adalah akan menjadi ekonomi baru, akan menjadi transformasi ekonomi Indonesia sehingga semuanya memang harus masuk ke digital banking,” ujar Jokowi. (*)

Editor: Galih Pratama

Galih Pratama

Recent Posts

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

3 hours ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

4 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

4 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

4 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

5 hours ago

Duh! Marak Anak Muda Nunggak Paylater hingga Sulit Akses KPR dan Dapat Kerja, Ini Pesan OJK

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa… Read More

6 hours ago