Perbankan

Bos BTN Blak-Blakan Ungkap Kronologi Rencana Akuisisi Bank Muamalat

Jakarta – Unit Usaha Syariah (UUS) bank umum konvensional terus didorong melakukan spin off setelah terbitnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan atau POJK Nomor 12 Tahun 2023. Baru-baru ini, tersiar kabar bahwa PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sedang mengincar bank umum syariah atau BUS untuk diakuisisi, yakni PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat). BTN akan menggabungkan bank syariah tertua di Indonesia ini dengan UUS miliknya, yakni BTN Syariah.

Nixon L.P. Napitupulu, Direktur Utama BTN membenarkan kabar akuisisi Bank Muamalat. Sejak diterbitkannya POJK, pihaknya segera bersiap melakukan spin off. Ia menjelaskan, salah satu pasal POJK itu mencatat bahwa bank syariah harus spin off apabila jumlah asetnya telah mencapai Rp50 triliun atau 50 persen dari total aset induk, dan harus diselesaikan selambat-lambatnya dua tahun.

Baca juga: Aset Bakal Tembus Rp50 Triliun, BTN Syariah Penuhi Syarat Untuk Lakukan Spin Off

“Kalau kami bikin bank baru, kami sudah hitung waktunya dua tahun tidak akan selesai, karena harus membuat bank baru, produk baru, aktivitas baru. Jadi kami memutuskan untuk mencari bank, menjadi vehicle,” jelasnya, saat ditemui Infobank, di Jakarta, akhir Febuari 2024 lalu.

Kemudian, lanjut Nixon, pada awalnya ada dua BUS yang diminati BTN. Pertama, salah bank swasta syariah di Indonesia. Tetapi, bersama bank ini, proses negosiasi tidak berjalan sesuai keinginan, sehingga akuisisi pun tidak dapat dilanjutkan.

Kedua, dengan Bank Muamalat. BTN sudah mengajukan letter of interest (LOI) kepada pemegang saham Bank Muamalat, yakni Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), sejak bulan Oktober 2023. Namun, LOI itu baru dijawab BPKH pada bulan Januari 2024. Dari jawaban itu, BTN diberikan kesempatan untuk melakukan due diligence terhadap Bank Muamalat.

“Jadi sampai saat ini, belum ada keputusan apa-apa, tapi kami sudah sepakat untuk melakukan due diligence. Tim kami akan turun ke Bank Muamalat dalam waktu dekat untuk due diligence. Hasilnya akan kami komunikasikan kembali setelah hasil due diligence selesai dilakukan,” ungkap Nixon.

Baca juga: Kinerja Solid, BTN Syariah Dinilai Siap Tampung Bank Syariah Lain

Nixon melihat ke depannya perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia akan treus menunjukkan tren positif. Namun, masih ada sejumlah tantangan yang harus dilalui, yakni sumber daya manusia (SDM) syariah yang jumlahnya terbatas dan kapabilitasnya relatif tertinggal dibanding bank konvensional.

“Jadi, tugas terbesarnya adalah melatih orang-orang bank syariah, atau teman-teman dari bank konvensional ini ditempatkan juga di bank syariah. Jadi, kalau nanti BTN akuisisi bank syariah, sudah pasti kami masukan talent terbaik kami dulu,” katanya. (*) Ayu Utami

Baca laporan selengkapnya tentang rencana BTN mengakuisisi Bank Muamalat di Majalah Infobank No. 550 Edisi Februari 2024.

Galih Pratama

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

8 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

8 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

8 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

11 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

12 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

13 hours ago