Moneter dan Fiskal

Bos BI Sebut Pemilu Satu Putaran Bakal Dorong Ekonomi RI di Atas 5,1 Persen

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan pemilihan umum (Pemilu) 2024 dengan satu putaran yang telah berlangsung diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi tahun ini mencapai lebih dari 5,1 persen.

“Dengan satu putaran pemilu kita mengharapkan pertumbuhan ekonomi RI tahun ini akan mencapai lebih dari 5,1 persen,” kata Perry dalam acara Mandiri Investment Forum di Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

Baca juga: Kejar Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Ini yang Harus Dilakukan  

Lebih lanjut, Perry juga memproyeksikan untuk tahun 2025, pertumbuhan ekonomi RI akan lebih baik lagi di kisaran 4,8-5,6 persen atau tumbuh di atas 5,2 persen. 

Dia menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi yang optimis tersebut akan didorong oleh ekspor dan juga dari konsumsi dalam negeri, khususnya dikonsumsi tingkat menengah dan atas. Kemudian, dari investasi tidak hanya untuk konstruksi tapi juga non-konstruksi.

“Dari sudut pandang pengusaha, inilah waktunya bagi kita untuk memulai jangan menunggu. Kita sudah melihat semuanya jadi jangan menunggu lagi, karena kalau kita investasi saat ini juga maka peluang untuk mendapatkan keuntungan akan menjadi lebih tinggi dibandingkan hanya sekadar menunggu dan menunggu saja,” ungkapnya.

Baca juga: Prabowo Pede Ekonomi RI Bisa Tumbuh 8 Persen, Bagaimana Strateginya?

Perry menilai bahwa Indonesia akan bisa mencapai tataran puncak di sekitar tahun 2027. Menurutnya, masih ada ruang perekonomian Indonesia untuk terus tumbuh.

Di sisi lain, untuk inflasi diperkirakan akan terus menurun. BI melihat dalam dua tahun ke depan inflasi akan masuk dalam sasaran 2,51 plus minus 1 persen.

Sedangkan, tahun ini perkirakan inflasi akan mencapai sekitar 2,8 persen yang akan turun menjadi 2,6 persen tahun depan. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

3 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

4 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

4 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

5 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

5 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

6 hours ago