Perbankan

BNI Xpora Sukses Bawa Terbang UMKM Lokal Tembus Pasar Global

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, (BNI) terus menggenjot dan memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar terus berkembang dan menembus pasar global.

Salah satunya, melalui BNI Xpora. Melalui fasilitas ini, UMKM mendapat  pembekalan dan peningkatan kapasitas dan kualitas produksi dan edukasi seperti penyusunan laporan keuangan hingga perluasan pemasaran produk melalui business match-making dengan buyer di pasar global.

“Kita punya program yang namanya BNI Xpora. Kita menyediakan berbagai layanan yang bermanfaat bagi UMKM dan eksportir mulai dari training dan seminar baik secara fisik maupun online,” katanya, dalam acara Digital Workshop “Membidik Potensi Pasar Halal Internasional bersama Xpora, Rabu, 26 Juni 2024.

Menariknya, sejak diluncurkan pada Agustus 2021, BNI Xpora telah menjadi one stop solution hub bagi UMKM Indonesia untuk melakukan ekspor produknya ke berbagai negara. 

Hasilnya, banyak UMKM lokal yang mengikuti program BNI Xpora telah tumbuh besar hingga menembus pasar global.

Ia mengatakan, selain memberikan penyusunan laporan keuangan hingga perluasan pemasaran produk, BNI Xpora juga memberikan pembiayaan bagi UMKM.

“Bagi UMKM yang membutuhkan pembiayaan, kita menyediakan khusus eksporr atau fast track untuk membantu temen-temen UMKM melakukan ekspor,” jelasnya.

Pameran BNI Xpora

Sebelumnya, BNI Xpora sukses memberangkatkan 12 pelaku usaha kecil, dan menengah (UKM) makanan dan minuman untuk mengikuti pameran Indonesia in Korea – Seoul Food & Hotel (SFH) 2024.

SFH merupakan pameran makanan terbesar di Korea Selatan yang menjadi platform strategis bagi para UKM Indonesia untuk menjangkau pasar global. 

Keikutsertaan BNI dalam “Indonesia in Korea – SFH 2024” ini merupakan kelanjutan sinergi dan kolaborasi antar elemen Pemerintah dan BUMN untuk mempromosikan produk-produk Indonesia di pasar ekspor.

BNI sebelumnya telah sukses menggelar “Indonesia In SG” di Singapura pada April 2024, berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Kementerian Perdagangan melalui Kantor Atase Perdagangan Singapura. (*)

Editor : Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

9 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

11 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

11 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

2 days ago