Pasar Modal

BNI Sekuritas Sebut Pasar Obligasi RI Masih Menarik di 2025, Ini Alasannya

Jakarta – PT BNI Sekuritas menyebutkan pasar obligasi Indonesia masih memiliki peluang yang cukup besar untuk mengalami peningkatan pada tahun 2025 yang didukung oleh tiga faktor utama.

Head of Fixed Income Research BNI Sekuritas, Amir Dalimunthe, mengatakan bahwa salah satu faktor yang mendukung peningkatan pasar obligasi adalah level yield obligasi yang masih bergerak atraktif.

“Pertama, level yield kita ini masih atraktif. Atraktif kalau kita lihat berdasarkan historical maupun secara perspektif ke depannya, dengan adanya potensi pemangkasan suku bunga oleh central bank, dan potensi inflow yang juga seharusnya masih berlanjut, rasanya sih level yield yang sekarang ini masih cukup atraktif,” ucap Amir dalam Media Session di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2024.

Baca juga: BNI Sekuritas Ditunjuk Jadi Transaction Advisor Jasa Marga

Lalu, faktor yang kedua adalah terkait dengan Credit Default Swap (CDS) sebagai instrumen perlindungan bagi lembaga keuangan yang relatif masih terjaga dan terlihat dari kepercayaan investor asing yang masih cukup baik. Sehingga diperkirakan akan berdampak positif ke pasar obligasi kedepannya.

“Dan yang ketiga, ini kita masih di very early stage dari sisi pemangkasan suku bunga. Jadi, kami melihat potensi pemangkasan suku bunga masih cukup besar ke depannya, dan ini juga bisa meningkatkan harga bonds,” imbuhnya.

BNI Sekuritas memperkirakan suku bunga acuan The Fed berpeluang untuk menurunkan suku bunga dua kali lagi di pertemuan November dan Desember 2024 sekitar 25-50 basis point (bps).

Baca juga: BNI dan BPJS Kesehatan Perluas Kerja Sama Tingkatkan Layanan Kesehatan Nasional

Sementara itu, juga terdapat beberapa risiko yang perlu diwaspadai, salah satunya adalah ketidakpastiaan global, di mana saat ini tensi geopolitik juga masih cukup tinggi dan memiliki kecenderungan akan terus berlanjut dalam beberapa waktu ke depan.

“Ini dikhawatirkan bisa menimbulkan kualitas di pasar dan mungkin investor akan minta risk premium yang lebih tinggi, dan ini biasanya akan berdampak terhadap yield yang diminta oleh investor jadi naik atau harga bonds-nya turun,” ujar Amir.

Dampak Ketidakpastian Global

Tidak hanya menyebabkan penurunan harga obligasi, dampak ketidakpastian global akan memicu peningkatan demand terhadap US dollar dan mendorong bank sentral melakukan intervensi melalui Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) yang lebih besar dan yield yang lebih tinggi.

“Kalau intervensinya ini melalui SRBI issuance yang lebih besar dengan yield yang lebih tinggi lagi, ya ini akan berdampak terhadap yield government bonds juga akan mengalami peningkatan, dan ultimately harga bonds akan agak turun,” tambahnya.

Adapun, risiko lain yang perlu dikaji oleh para pelaku pasar adalah masa defisit fiskal, di mana pemerintah saat ini kelihatannya akan mencoba untuk kapasitas utilisasi yang lebih besar, dengan diimbangi juga dengan penarikan kredit yang lebih besar pada APBN 2025. (*)

Editor: Yulian Saputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

BSSN: Keamanan Siber Perbankan dalam Implementasi Terkelola

Jakarta - Badan Keamanan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan penilaian kematangan keamanan siber (cybersecurity… Read More

34 mins ago

IHSG Berbalik Ditutup Naik ke Level 7.788, Sektor Energi Pimpin Penguatan

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Selasa, 22 Oktober 2024, ditutup… Read More

40 mins ago

Ijazah hingga KK buat Bungkus Gorengan, Eko B. Supriyanto: Pentingnya Literasi Pelindungan Data

Jakarta – Lemahnya pelindungan data di Tanah Air mengakibatkan maraknya kebocoran data. Terbukti dengan sering… Read More

2 hours ago

BI Catat Uang Beredar Capai Rp9.044,9 Triliun pada September 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar tumbuh stabil pada September 2024. Posisi M2 pada September… Read More

2 hours ago

Lewat Program Ini, DPK Bank Danamon Melonjak hingga 6 Persen

Jakarta - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) terus berupaya menggenjot pertumbuhan bisnis jangka panjang.… Read More

3 hours ago

Simak, Daftar Lengkap 48 Kementerian Kabinet Merah Putih Prabowo

Jakarta - Presiden Prabowo Subianto mengeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 139 Tahun 2024… Read More

3 hours ago