BNI Cetak Generasi Milenial Berjiwa Bisnis

BNI Cetak Generasi Milenial Berjiwa Bisnis

Tegal – Upaya untuk terus mengembangkan jiwa kewirausahaan terus digenjot baik oleh pemerintah maupun berbagai pihak lainnya, antara lain bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), termasuk juga PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui Program “Aku Saudagar Muda”.

Terobosan terbaru yang diciptakan BNI kali ini yakni Program “Aku Saudagar Muda” bertujuan untuk menciptakan pengusaha muda sejak dini. Dalam hal ini perseroan turut mengajak para siswa dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) di berbagai kota.

Program “Aku Saudagar Muda” ini telah digelar di Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dikelola BNI di Tegal, Jawa Tengah, Selasa, 13 November 2018. Hadir sebagai Pembina RKB BUMN dan Pembicara pada kesempatan ini Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno.

Selain itu, hadir juga sekitar 50 siswa dari berbagai SMK di Tegal serta para pembicara dari 5 pengusaha UMKM binaan RKB BNI Tegal. Fajar menuturkan, program pengembangan kewirausahaan sejak dini seperti Program “Aku Saudagar Muda” sangat penting bagi generasi milenial untuk mengenal dan memahami dunia wirausaha sejak dini serta tumbuh menjadi pribadi yang kreatif.

Kreativitas yang terlatih sejak dini menjadi modal utama kemandirian generasi muda pada saat dewasa kelak. Program “Aku Saudagar Muda” diperlukan karena untuk menumbuhkan jiwa bisnis pada generasi milenial, yang perlu pendampingan sejak awal, mulai dari menanamkan motivasi berbisnis, mengenal dunia bisnis, hingga melakukan praktik bisnis di dunia nyata.

Program “Aku Saudagar Muda” merupakan program belajar sekaligus praktek berjualan (reseller) bagi siswa SMA/SMK atau sederajat. Mereka akan menjual produk-produk milik pelaku usaha yang dibina dan dikembangkan RKB Tegal. Sebelum aktif menjadi reseller, para siswa sebelumnya mengikuti pelatihan dan pendampingan yang dilakukan langsung oleh para pelaku usaha melalui kelas Inspirasi, Pengetahunan dan Ketrampilan”.

“Inti dari ketiga kelas tersebut adalah untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kemampuan para siswa peserta Program “Aku Saudagar Muda” untuk memulai usaha,” ujar Corporate Secretary BNI Kiryanto.

Program ini merupakan sinergi BNI dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Tegal dalam upaya mengoptimalkan dan mengombinasikan program yang ada. Salah satu program yang ada adalah RKB Tegal. Saat ini, BNI dan Pemkab Tegal menyasar ke siswa SMA/SMK dengan memberikan pelatihan dan pendampingan.

Tujuan dari program ini adalah menciptakan pengusaha baru di Tegal, dan mendorong peningkatan kualitas produktivitas pelaku usaha yang ada. Pada tahap awal, BNI mengundang 100 siswa dari 10 SMA/SMK di Tegal. Tidak hanya di Tegal, program ini juga dijalankan di RKB Sleman, Jawa Tengah dan Pangandaran, Jawa Barat, dan akan terus dikembangkan ke berbagai wilayah lainnya. Program ini berdurasi 2 bulan. (*)

Related Posts

News Update

Top News