Blibli.com Raih Sertifikasi Keamanan Data Nasabah

Blibli.com Raih Sertifikasi Keamanan Data Nasabah

Jakarta – Blibli.com meraih ISO/IEC 27001:2013, sertifikat keamanan data yang diakui baik di dalam maupun secara international. Selain itu, sertifikasi ini diklaim akan menunjukkan bahwa Blibli.com telah memenuhi keseluruhan standar terkait sistem manajemen keamanan informasi dalam mengoperasikan bisnis e-commerce.

Ongkowijoyo, Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli.com mengatakan bahwa Blibli.com memperoleh ISO/IEC 27001:2013 karena telah menerapkan berbagai strategi, termasuk di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API), untuk memastikan ketahanan Blibli.com pada keamanan data, baik korporat maupun pelanggan.

“Melalui standarisasi ini, Blibli.com juga ingin semakin meningkatkan kesadaran seluruh stakeholder dalam industri e-commerce, mulai dari pelaku bisnis hingga pelanggan, akan pentingnya mengutamakan keamanan data, bukan saja data para pelanggan namun juga korporat,” ungkap Ongkowijoyo di Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019.

Keamanan siber menjadi tantangan di industri digital Indonesia. Ancaman siber bisa menyasar perusahaan penyedia produk atau jasa digital dengan tujuan mendisrupsi pengoperasian bisnis. Selain itu, ancaman siber juga bisa bertujuan untuk mengakses data para pengguna produk atau jasa digital tersebut untuk mencuri identitas atau menjual identitas para pengguna ke pihak ketiga.

Tujuan dari sertifikasi sertifikasi ISO/IEC 27001:2013, diungkap Ongkowijaya, sejalan dengan komitmen Blibli.com dalam mengutamakan kepuasan pelanggan, salah satunya adalah keamanan bertransaksi.

Erna Damayanty, Managing Director BSI Indonesia mengatakan Standar ISO/IEC 270001 pada awalnya merupakan British Standard 7799 yang diadopsi menjadi standard ISO yang telah diakui oleh 164 negara di dunia. Sertifikat ISO/IEC 27001 yang diberikan kepada Blibli.com diterbitkan oleh British Standard Institution yang merupakan creator dari standard ISO/IEC 27001 ini dan memiliki akreditasi internasional. Persyaratan standar ISO/IEC 27001 ini sangat ketat. Proses yang dilalui untuk mendapatkannya juga cukup sulit dan panjang. 

“Blibli.com telah mendapat sertifikat ISO/IEC 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi setelah melalui proses audit yang menyeluruh. Berhasilnya Blibli.com dalam mendapatkan sertifikat menandakan e-commerce tersebut telah memperhatikan keamanan data, baik yang menjadi milik korporat dan para pelanggan,” kata Erna.

Erna menekankan bahwa standarisasi manajemen sistem keamanan informasi ISO/IEC 27001:2013 ini sangat penting bagi pelaku industri e-commerce. Dengan memiliki sertifikat standar manajemen sistem keamanan informasi ISO/IEC 27001:2013 yang diakui dunia, pelanggan dapat semakin yakin dan nyaman untuk berbelanja.

Selain ISO/IEC 27001:2013, Blibli.com juga mendapatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari BSSN. Intan Rahayu, Kasubdit Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Perdagangan Berbasis Elektronik BSSN mengungkapkan, Indeks KAMI adalah alat untuk menganalisa dan mengevaluasi penerapan keamanan informasi pada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

“BSSN menyelenggarakan Asesmen Indeks KAMI dalam rangka mempersiapkan PSE untuk memenuhi persyaratan pada Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi berbasis SNI ISO:IEC 27001:2013,” paparnya. (Ayu Utami)

Related Posts

News Update

Top News