Ekonomi dan Bisnis

BKPM : Investasi Penyelamat Ekonomi Indonesia

Jakarta – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong mengaku, investasi asing langsung (FDI) menjadi komponen pertumbuhan ekonomi yang mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia, setelah konsumsi rumah tangga melambat.

Lembong menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal I-2018 hanya sebesar 5,1 persen, sementara pertumbuhan investasi mencapai 7,9 persen. “Saat ini yang menyelamatkan ekonomi kita adalah investasi,” kata Lembong di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Selasa, 24 Juli 2018.

Menurut dia, sejauh ini sektor perindustrian merupakan sumber pertumbuhan ekonomi paling dinamis dan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian. “Sebesar 40 persen dari total investasi di BKPM berasal dari peindustrian. Sektor pariwisata jugga menyumbang besar,” ucap Lembong.

Lembong menyebutkan, nilai investasi di sepanjang 2017 mencapai Rp3.227,95 triliun atau lebih tinggi dibandingkan perolehan di 2016 senilai Rp3.004,87 triliun. “Tetapi, kalau investor tidak nyaman dan tertarik berinvestasi, mereka akan lari ke luar negeri,” katanya.

Dengan demikian, menurut Lembong, sejauh ini pemerintah terus berupaya menciptakan iklim investasi yang mampu meningkatkan kepercayaan investor. Pasalnya, lanjut dia, saat ini pemerintah tengah mengandalkan komponen investasi sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan menggeser konsumsi.

Lembong menilai, upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi diharapkan tidak lagi mengandalkan ekspor yang berbasis komoditas, melainkan harus mengarah pada pengembangan sektor perindustrian, pariwisata dan jasa. “Pada 2013, kenaikan harga komoditas memang menjadikan ekonomi kita naik tiga kali lipat,” imbuhnya. (*)

Dwitya Putra

Recent Posts

Dukung Ekosistem Syariah, CIMB Niaga Kembali Gelar Haya Festival 2024

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) kembali menyelenggarakan… Read More

2 hours ago

Memahami Pelonggaran Kebijakan Moneter The Fed

Oleh Ryan Kiryanto, Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia MOMEN presentasi tiga… Read More

2 hours ago

BCA Digital Belum Ingin Keluarkan Produk Paylater: Kami Fokus Bantu Kelola Keuangan

Jakarta - Produk buy now pay later (BNPL) atau paylater mulai digandrungi oleh pelaku industri… Read More

2 hours ago

Bos BRI Kasih Bocoran Laba Bersih Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memproyeksikan laba bersih di kuartal III… Read More

2 hours ago

LPEI Dorong UMKM ‘Naik Kelas’ di TEI 2024, Berikut Daftarnya

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk ‘naik kelas’ dan… Read More

2 hours ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Terkoreksi Sebanyak 0,74 Persen

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Rabu, 9 Oktober 2024, ditutup… Read More

3 hours ago