Categories: Perbankan

Biaya Transaksi Himbara Link Lebih Murah

Jakarta–Rencana sinergi mesin anjungan tunai mandiri (ATM) bank-bank pelat merah diyakini akan membawa efisiensi bagi bank. Meski fee based income akan sedikit turun karena tarif ATM Himbara Link dibanderol lebih murah, namun penghematan dari sinergi itu diyakini akan lebih besar.

Fee based bagi bank memang berkurang tapi penghematan bagi bank juga bertambah, jadi itu bisa di set off. Hitung-hitungan biaya operasional ATM per unit per bulan misalnya Rp19 juta. Nah, kalau sekarang dengan ATM Himbara Link Merah Putih maka biaya itu bisa ditanggung bersama empat bank, jadi lebih murah,” kata Rahmat Broto Triadji, Senior Vice President Electronic Banking Bank Mandiri di Jakarta, Selasa 15 Desember 2015.

Jaringan ATM bank milik negara itu memang menawarkan tarif yang lebih murah ketimbang jaringan ATM lain. Tarif transaksi transfer antar bank pelat merah menjadi hanya sebesar Rp4.000 dari sebelumnya Rp7.500. Selain itu, nasabah bank BUMN juga dapat menikmati ongkos tarik tunai lebih murah. Ongkos tarik tunai di bank lain yang biasanya sebesar Rp7.500 menjadi hanya Rp500 di ATM Himbara Link Merah Putih.

Untuk tahun ini, tambah Rahmat, belum akan terlalu berdampak pada tergerusnya pendapatan berbasis biaya dari transaksi ATM. Pasalnya, tahun ini penyatuan baru akan dilakukan untuk 50 unit ATM dan tahapan selanjutnya 200 unit.

“Kami memang belum menghitung itu untuk nett-nya bagaimana, tapi yang jelas pasti jadi lebih banyak penghematannya,” ucap Rahmat.

Rahmat mengatakan konsolidasi ATM Himbara Link Merah Putih ini, justru diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan volume transaksi. Sebab, diharapkan nasabah empat bank BUMN yang biasanya bertransaksi di luar ATM Himbara akan tertarik untuk beralih transaksi di ATM Himbara Link Merah Putih lantaran lebih murah.

“Harapannya nasabah bank Himbara yang biasanya menggunakan ATM di luar bank Himbara berpindah ke ATM Himbara Link Merah Putih sehingga makin banyak masyarakat yang menggunakan ATM Himbara Link Merah Putih karena biayanya lebih murah, sehingga revenue kami akan lebih bagus,” kata Rahmat.(*) Ria Martati

Apriyani

Recent Posts

Dukung Ekosistem Syariah, CIMB Niaga Kembali Gelar Haya Festival 2024

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) kembali menyelenggarakan… Read More

1 hour ago

Memahami Pelonggaran Kebijakan Moneter The Fed

Oleh Ryan Kiryanto, Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia MOMEN presentasi tiga… Read More

1 hour ago

BCA Digital Belum Ingin Keluarkan Produk Paylater: Kami Fokus Bantu Kelola Keuangan

Jakarta - Produk buy now pay later (BNPL) atau paylater mulai digandrungi oleh pelaku industri… Read More

1 hour ago

Bos BRI Kasih Bocoran Laba Bersih Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memproyeksikan laba bersih di kuartal III… Read More

1 hour ago

LPEI Dorong UMKM ‘Naik Kelas’ di TEI 2024, Berikut Daftarnya

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk ‘naik kelas’ dan… Read More

1 hour ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Terkoreksi Sebanyak 0,74 Persen

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Rabu, 9 Oktober 2024, ditutup… Read More

2 hours ago