Moneter dan Fiskal

BI Wanti-Wanti Media Sosial Bisa jadi Katalis Bank Run

Jakarta – Meskipun dampaknya tak terlalu signifikan terhadap perbankan Indonesia, kegagalan sejumlah bank di Amerika Serikat (AS) dan Eropa bisa menjadi pembelajaran yang bisa dipetik. Terutama dalam mengimplementasikan kebijakan moneter di Tanah Air.

Juda Agung, Deputi Bank Indonesia (BI) mengatakan, banyak lesson learn yang bisa diambil dari krisis perbankan di AS dan Eropa. Pelajaran pertama adalah mengenai pentingnya bauran kebijakan pengelolaan makroekonomi. Terlebih, otoritas dihadapkan dengan dilema kebijakan.

“Ketergantungan pada satu kebijakan saja, seperti kenaikan suku bunga mengharuskan kenaikan suku bunga menjadi eksesif,” kata Juda dalam peluncuran Kajian Stabilitas Keuangan No 40 di Jakarta, Rabu, 10 Mei 2023.

Kedua, kata Juda, industri perbankan Indonesia jangan pernah underestimate risiko dari bank non-sistemik. Menurutnya, bank sekecil apapun harus tetap memiliki buffer yang kuat baik dari sisi likuiditas maupun permodalan.

Baca juga: Stabilitas Ekonomi RI Terjaga, BI Waspadai Risiko Global

Kejatuhan bank non sistemik dengan cepat juga menimbulkan risiko sistemik pada sistem keuangan. Terlebih di era digital sekarang ini, di mana media sosial itu menjadi katalis terjadinya bank run.

“Social media driven bank run. Sekarang banyak dibahas juga di pertemuan IMF, membahas mengenai hal ini,” papar Juda.

Kemudian, ketiga adalah munculnya model bisnis baru, terutama di tengah digitalisasi ekonomi dan keuangan yang harus tetap disikapi  dengan hati-hati dalam mengelola risiko yang mungkin belum kita kenal.  “Termasuk juga risiko siber, ini harus diantisipasi dengan baik,” pesan Juda.    

Galih Pratama

Recent Posts

IHSG Sempat Sentuh Rekor ke Level 7.905, Begini Kata OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa, pasar saham Indonesia atau Indeks Harga Saham… Read More

3 mins ago

Cara Jago Kelola Uang dan Merintis Karier di Era Digital, Simak Ini Tipsnya

Jakarta - Kaum muda, terutama milenial dan generasi Z (gen Z), menghadapi berbagai tantangan keuangan,… Read More

22 mins ago

OJK Catat Kredit Perbankan Tumbuh 11,40 Persen di Agustus 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pada Agustus 2024 kredit perbankan tumbuh sebesar 11,40 persen yoy atau menjadi… Read More

34 mins ago

Tumbuh 1,32 Persen, Aset Industri Asuransi Tembus Rp1.132 Triliun di Agustus 2024

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut industri perasuransian dan dana pensiun menunjukkan kinerja positif… Read More

48 mins ago

BEI Catat Ada 32 Perusahaan Antre IPO, 12 Beraset Jumbo

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat per 27 September 2024, terdapat 32 perusahaan… Read More

2 hours ago

Bos OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga di Tengah Tren Pemangkasan Suku Bunga

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan terjaga stabil dan pasar keuangan menguat… Read More

2 hours ago