BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Jadi 4,9%

BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Jadi 4,9%

BI : Ekonomi Kuartal II Akan Tumbuh Sama Dengan Kuartal I
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Indonesia masih menghadapi tantangan eksternal dan internal. Ria Martati.

Jakarta– Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini di level 4,9% dengan kisaran di 4,7%-5,1%. Angka itu lebih rendah ketimbang perkiraan BI sebelumnya yang 5%-5,2%.

“BI bisa kasih indikasi pertumbuhan ekonomi yang kami lihat, kami perkirakan 2015 dikisaran 4,9% yakni 4,7%-5,1%,” kata Gubernur BI Agus D.W Martowardojo di Jakarta, Kamis 27 Agustus 2015.

Pasalnya, Indonesia masih menghadapi tantangan baik secara eksternal maupun domestik. Secara eksternal, perkiraan ekonomi dunia terus dikoreksi menjadi 3,3%. Ini berakibat pada volume perdagangan dunia yang melemah. Belum lagi, pertumbuhan ekonomi Tiongkok 2015 yang diperkirakan 6,8%.

“Melemahnya ekonomi dunia dan AS akan menaikkan Fed Rate disertai Cina melemah memang negara berkembang yang besar itu sekrang penuh tekanan. Brazil dan Rusia sudah masuk resesi,” tambahnya.

Selain itu, harga komoditas selama 3 tahun terakhir terus turun. Di 2015, tadinya diperkirakan hanya turun 11%, ternyata data terakhir menurun 13%.Padahal Indonesia sangat tergantung pada komoditi primer.

“Yang utama ekonomi kita melemah. Itu wajar karena harga komoditi dunia melemah. Dan ada tantangan domestik,” tambahnya.

Sementara tantangan domestik adalah defisit transaksi berjalan yang sudah terjadi selama 3 tahun. Selain itu aliran modal masuk juga menurun dibanding 2014.

” Jadi 2015 capital inflow ada tapi lebih rendah dari 2014. 2015 capital inflow Rp50 triliun sampai Agustus, 2014 Rp150 triliun sampai agustus. Jadi ada penurunan dana masuk karena ada gejolak risk off kekhawatiran risiko dunia dan ketakutan pertumbuhan dunia melamah dan koreksi di pasar modal,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]