News Update

BI Tahan Bunga Acuan Dorong Penguatan Rupiah

Jakarta – Pada hari ini (19/3) nilai tukar rupiah dibuka pada level Rp14.390/US$, posisi tersebut menguat 0,24% bila dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin (18/3).

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, faktor penahanan bunga acuan BI cukup mendorong penguatan rupiah di perdagangan pagi hari ini. Dimana diketahui, tetap mempertahankan suku bunga acuan di 3,50%.

Ibrahim menilai, BI mempertahankan bunga karena kondisi perekonomian yang terus menuju stabil dan penanganan covid-19 yang cukup progresif sehingga bisa mendorong penurunan pasien covid-19 dan menggenjot perekonomian.

“Sejak awal tahun lalu, BI sudah memangkas suku bunga acuan sebanyak 150 basis poin (bps). Kini, suku bunga acuan berada di titik terendah sepanjang sejarah Indonesia merdeka,” kata Ibrahim di Jakarta, Jumat 19 Maret 2021.

Sementara itu, dari faktor global, bank sentral AS melihat ekonomi negaranya bakal tumbuh 6,5% di tahun ini. Hal inilah yang dinilai Ibrahim sebagai lompatan tahunan terbesar dalam produk domestik bruto AS sejak 1984.

“Imbal hasil Treasury AS 10 tahun juga naik tipis kembali ke sekitar 1,671% dan mendekati tertinggi lebih dari satu tahun,” tambah Ibrahim.

Sebagai informasi saja, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, (19/3) kurs rupiah berada pada posisi Rp14.476/US$ terlihat melemah dari posisi Rp14.412/US$ pada perdagangan kemarin (18/3). (*)

Suheriadi

Recent Posts

Selamatkan Sritex! Prabowo Perintahkan Empat Menteri “Turun Gunung”

Jakarta - Presiden Prabowo Subianto memerintahkan empat menteri Kabinet Merah Putih 'turun gunung' untuk mengkaji… Read More

29 mins ago

Gojek Tingkatkan Literasi Keuangan Mitra, Tekankan Bahaya Judi Online

Jakarta - Platform transportasi online, Gojek sebagai bagian dari grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk… Read More

16 hours ago

Indonesia Ingin Gabung BRICS, CSIS: Kita Sudah Anggota G20

Jakarta - Indonesia dikabarkan membuka peluang untuk bergabung dengan BRICS, kelompok negara yang terdiri dari… Read More

17 hours ago

GREAT Prestige Optima Protector Meluncur, Bantu Realisasikan Tujuan Finansial Nasabah Lebih Cepat

Jakarta - Great Eastern Life Indonesia bersama dengan mitra strategisnya PT Bank OCBC NISP Tbk… Read More

18 hours ago

Andien hingga Maliq & D’Essentials Siap Hentak Panggung Golo Mori Jazz 2024

Jakarta – Perhelatan musik jazz berskala internasional, International Golo Mori Jazz 2024 bakal digelar pada… Read More

18 hours ago

Modal Asing Keluar dari RI Rp6,63 Triliun dalam Sepekan, Simak Rinciannya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat adanya aliran modal asing keluar (capital outflow) senilai Rp6,63… Read More

18 hours ago